Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model pembelajaran SAVI berbantuan media wayanggambar dan menemukanpeningkatan kreativitas siswa pada tema 5 Pahlawanku muatan Bahasa Indonesia dan PPKn Tahun Ajaran 2018/2019. SAVI adalah model pembelajaranyang melibatkan semua panca indra yaitu somatic belajar dengan melakukan, visual belajar dengan melihat, auditory belajar dengan mendengar, dan intellectual belajar dengan memecahkanmasalah. Kreativitas adalah kemampuan siswa untuk menciptakan inovasi baru dalam pembelajaran dan hasilnya dapat di ukur melalui keterampilan siswa sebagai hasil dari kreativitas. Penelitian tindakan kelas inidilaksanakandi kelas IV SDN Margorejo 01 dengansubyekpenelitian15 siswa. Penelitianiniberlangsungduasiklus, setiapsiklusterdiriempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabelbebasdalampenelitianiniadalah model SAVI dan media wayanggambar, sedangkanvariabelterikatnyaadalahkreativitas. Instrumendalampenelitianiniadalahlembar wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang diperolehdaritindakandianalisissecarakuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model SAVI berbantuan media wayang gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, keterampilan siswa dalam membuat produk, dan hasil kreativitas siswa. Hal initerlihat dari tercapainya indikator yakni (1) keterampilan guru pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 77,50% dengan kriteria “baik” menjadi 91% dengan kriteria “sangatbaik” (2) keterampilan pembuatan produk siswa muatan Bahasa Indonesia pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 53,12% dengan kriteria “baik” menjadi 80% dengan kriteria “sangatbaik”, muatanPPKnsiklus I kesiklus II meningkatdaripersentase 50% dengankriteria “baik” menjadi 72% dengankriteria “baik” (3) hasil kreativitas siswa pada muatan Bahasa Indonesia pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 53% dengan kriteria “baik” menjadi 87% dengan kriteria “sangatbaik”, pada muatanPPKnmeningkat pada siklus I kesiklus II daripersentase 47% dengankriteria “cukup” menjadi 80% dengankriteria “baik”. Berdasarkanhasilpenelitian membuktikan bahwa dengan menerapkan model SAVI berbantuan media wayang gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, keterampilanpembuatanproduk, dan kreativitas siswa pada tema 5 Pahlawankumuatan Bahasa Indonesia dan PPKn.