ctrlnum 11205
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/11205/</relation><title>Penerapan model savi berbantuan media wayang gambar untuk meningkatkan kreativitas siswa pada tema 5 pahlawanku kelas iv sdn margorejo 01.</title><creator>Na&#x2019;imah, Siti.</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model pembelajaran SAVI berbantuan media wayanggambar dan menemukanpeningkatan kreativitas siswa pada tema 5 Pahlawanku muatan Bahasa Indonesia dan PPKn Tahun Ajaran 2018/2019. &#xD; SAVI adalah model pembelajaranyang melibatkan semua panca indra yaitu somatic belajar dengan melakukan, visual belajar dengan melihat, auditory belajar dengan mendengar, dan intellectual belajar dengan memecahkanmasalah. Kreativitas adalah kemampuan siswa untuk menciptakan inovasi baru dalam pembelajaran dan hasilnya dapat di ukur melalui keterampilan siswa sebagai hasil dari kreativitas.&#xD; Penelitian tindakan kelas inidilaksanakandi kelas IV SDN Margorejo 01 dengansubyekpenelitian15 siswa. Penelitianiniberlangsungduasiklus, setiapsiklusterdiriempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabelbebasdalampenelitianiniadalah model SAVI dan media wayanggambar, sedangkanvariabelterikatnyaadalahkreativitas. Instrumendalampenelitianiniadalahlembar wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang diperolehdaritindakandianalisissecarakuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model SAVI berbantuan media wayang gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, keterampilan siswa dalam membuat produk, dan hasil kreativitas siswa. Hal initerlihat dari tercapainya indikator yakni (1) keterampilan guru pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 77,50% dengan kriteria &#x201C;baik&#x201D; menjadi 91% dengan kriteria &#x201C;sangatbaik&#x201D; (2) keterampilan pembuatan produk siswa muatan Bahasa Indonesia pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 53,12% dengan kriteria &#x201C;baik&#x201D; menjadi 80% dengan kriteria &#x201C;sangatbaik&#x201D;, muatanPPKnsiklus I kesiklus II meningkatdaripersentase 50% dengankriteria &#x201C;baik&#x201D; menjadi 72% dengankriteria &#x201C;baik&#x201D; (3) hasil kreativitas siswa pada muatan Bahasa Indonesia pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 53% dengan kriteria &#x201C;baik&#x201D; menjadi 87% dengan kriteria &#x201C;sangatbaik&#x201D;, pada muatanPPKnmeningkat pada siklus I kesiklus II daripersentase 47% dengankriteria &#x201C;cukup&#x201D; menjadi 80% dengankriteria &#x201C;baik&#x201D;. &#xD; Berdasarkanhasilpenelitian membuktikan bahwa dengan menerapkan model SAVI berbantuan media wayang gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, keterampilanpembuatanproduk, dan kreativitas siswa pada tema 5 Pahlawankumuatan Bahasa Indonesia dan PPKn.</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11205/1/Hal.%20Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11205/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11205/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11205/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11205/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11205/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11205/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11205/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11205/9/Lampiran.pdf</identifier><identifier> Na&#x2019;imah, Siti. (2019) Penerapan model savi berbantuan media wayang gambar untuk meningkatkan kreativitas siswa pada tema 5 pahlawanku kelas iv sdn margorejo 01. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>11205</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Na’imah, Siti.
title Penerapan model savi berbantuan media wayang gambar untuk meningkatkan kreativitas siswa pada tema 5 pahlawanku kelas iv sdn margorejo 01.
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/11205/1/Hal.%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11205/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11205/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11205/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11205/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11205/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11205/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11205/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11205/9/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11205/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model pembelajaran SAVI berbantuan media wayanggambar dan menemukanpeningkatan kreativitas siswa pada tema 5 Pahlawanku muatan Bahasa Indonesia dan PPKn Tahun Ajaran 2018/2019. SAVI adalah model pembelajaranyang melibatkan semua panca indra yaitu somatic belajar dengan melakukan, visual belajar dengan melihat, auditory belajar dengan mendengar, dan intellectual belajar dengan memecahkanmasalah. Kreativitas adalah kemampuan siswa untuk menciptakan inovasi baru dalam pembelajaran dan hasilnya dapat di ukur melalui keterampilan siswa sebagai hasil dari kreativitas. Penelitian tindakan kelas inidilaksanakandi kelas IV SDN Margorejo 01 dengansubyekpenelitian15 siswa. Penelitianiniberlangsungduasiklus, setiapsiklusterdiriempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabelbebasdalampenelitianiniadalah model SAVI dan media wayanggambar, sedangkanvariabelterikatnyaadalahkreativitas. Instrumendalampenelitianiniadalahlembar wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang diperolehdaritindakandianalisissecarakuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model SAVI berbantuan media wayang gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, keterampilan siswa dalam membuat produk, dan hasil kreativitas siswa. Hal initerlihat dari tercapainya indikator yakni (1) keterampilan guru pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 77,50% dengan kriteria “baik” menjadi 91% dengan kriteria “sangatbaik” (2) keterampilan pembuatan produk siswa muatan Bahasa Indonesia pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 53,12% dengan kriteria “baik” menjadi 80% dengan kriteria “sangatbaik”, muatanPPKnsiklus I kesiklus II meningkatdaripersentase 50% dengankriteria “baik” menjadi 72% dengankriteria “baik” (3) hasil kreativitas siswa pada muatan Bahasa Indonesia pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 53% dengan kriteria “baik” menjadi 87% dengan kriteria “sangatbaik”, pada muatanPPKnmeningkat pada siklus I kesiklus II daripersentase 47% dengankriteria “cukup” menjadi 80% dengankriteria “baik”. Berdasarkanhasilpenelitian membuktikan bahwa dengan menerapkan model SAVI berbantuan media wayang gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, keterampilanpembuatanproduk, dan kreativitas siswa pada tema 5 Pahlawankumuatan Bahasa Indonesia dan PPKn.
id IOS3090.11205
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-09-02T22:13:46Z
last_indexed 2019-09-02T22:13:46Z
recordtype dc
_version_ 1765996411610988544
score 17.13294