ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI RISIKO, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), DAN ONLINE COSTUMER REVIEW (OCR) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (Studi Kasus Pada Konsumen Shopee di Kota Kudus)
Main Author: | MUTMAINAH, SRI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/10738/1/Hal.judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/10738/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/10738/3/BAB%20II%20.pdf http://eprints.umk.ac.id/10738/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/10738/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/10738/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/10738/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/10738/8/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/10738/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, persepsi risiko, electronic word of mouth, dan online customer review terhadap keputusan pembelian online. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen pengguna aplikasi belanja online Shopee di Kabupaten Kudus. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Non probability sampling dengan menggunakan teknik accidental sampling. Sampel pada penelitian sebanyak 96 responden dengan criteria tertentu. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda disertai uji t (parsial) dan uji F (berganda) dengan proses perhitungan menggunakan aplikasi SPPS versi 25,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian secara parsial variabel kepercayaan, persepsi risiko, electronic word of mouth,berpengaruh terhadap keputusan pembelian online, sedangkan variabel online customer review tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian online. Pengujian secara berganda menunjukan hasil bahwa variabel kepercayaan, persepsi risiko, electronic word of mouth, dan online customer review bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian online pada aplikasi Shopee di Kabupaten Kudus, yang didasarkan pada nilai Fhitung sebesar 14,673 > Ftabel sebesar 2,47 dengan memiliki nilai signifikan 0,000. Pengaruh variabel kepercayaan, persepsi risiko, electronic word of mouth, dan online customer review terhadap keputusan pembelian memberikan kontribusi sebesar 36,5%.