PENGARUH PERSEPSI MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI RESIKO DAN PERSEPSI FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT NASABAH BANK DALAM MENGGUNAKAN INTERNET BANKING (Studi pada nasabah bank BNI Ponorogo)

Main Author: Romadhon Priyadi, Rochmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/9107/1/HALAMAN%20DEPAN%20PERPUS.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/9107/2/BAB%20I%20Perpus.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/9107/3/BAB%20II%20perpus.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/9107/4/bab%20iii%20perpus.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/9107/5/BAB%20IV%20PERPUS.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/9107/6/BAB%20V%20PERPUS.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/9107/7/DAFTAR%20PUSTAKA%20PERPUS.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/9107/8/LAMPIRAN%20PERPUS.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/9107/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari persepsi manfaat teknologi informasi, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi resiko dan persepsi fitur layanan terhadap minat nasabah bank dalam menggunakan internet banking. Fokus penelitian ini adalah Bank BNI Ponorogo sehingga responden yang digunakan untuk penelitian ini yaitu nasabah pengguna internet banking BNI di Kabupaten Ponorogo, dengan total responden sebanyak 92 nasabah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah snowball sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan instrumen berupa kuisoner yang diantar langsung kepada responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan alat analisis (software) yang digunakan yaitu SPPS versi 23 untuk mengolah data jawaban dari responden.selain analisis regresi linier berganda, penelitian ini juga menguji statistik deskriptif, validitas, reliabilitas, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil dari pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa persepsi manfaat teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah bank dalam menggunakan internet banking. Sehingga apabila persepsi nasabah mengenai manfaat penggunaan internet banking meningkat juga akan meningkatkan minat nasabah dalam menggunakannya. Hasil hipotesis yang kedua menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat nasabah bank dalam menggunakan internet banking. Sehingga semakin mudah nasabah dalam menggunakan internet banking maka minat menggunakannya juga semakin tinggi. Hasil hipotesis ketiga adalah persepsi resiko berpengaruh positif terhadap minat nasabah bank dalam menggunakan internet banking. Sehingga keamanan yang tinggi akan meningkatkan minat nasabah dalam menggunakan internet banking. Hasil hipotesis yang terakhir adalah persepsi fitur layanan berpengaruh positif terhadap minat nasabah bank dalam menggunakan internet banking. Sehingga semakin lengkap fitur layanan yang tersedia akan meningkatkan minat nasabah untuk menggunakan internet banking.