Pengaruh Price Discount, Bonus Pack dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying. (Studi Kasus Pada Indomaret Di Kabupaten Ponorogo)
Daftar Isi:
- Usaha ritel di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Minimarket adalah gerai ritel dengan konsep modern yang menjual segala macam kebutuhan sehari hari dan lokasinya banyak di temui di sekitar pemukiman warga perkotaan lebih khususnya dan sangat mudah dijangkau oleh warga adalah Indomaret dan juga alfamart. Di Ponorogo sendiri Indomaret memiliki persentase jumlah gerai lebih banyak dari pada Alfamart. Ponorogo merupakan salah satu kabupaten dengan tingkat konsumtif yang realatif tinggi, Salah satu bentuk pembelian yang dilakukan masyarakat di Indomaret adalah Impulse Buying. Impulse Buying adalah suatu tindakana pembelian yang dilakukan secara mendadak dan tanpa melalui proses perencanaan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh price discount, bonus pack, store atmosphere terhadap impulse buying. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli yang baru saja melakukan pembelian dari Indomaret. Teknik data untuk menentukan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus Cochran. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang pelanggan yang pernah melakukan pembelian di Indomaret Kabupaten Ponorogo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling, dan jenis metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 20. Hasil analisis regresi linier berganda menggunakan uji t. Variabel price discount berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, bonus pack berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, storeatmosphere berpengaruh signifikan terhadap impulse buying.