Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran scramble dengan pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan minat belajar matematika dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Ponorogo, dan (2) mengetahui peningkatan minat belajar matematika dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Ponorogo setelah diterapkannya model pembelajaran scramble dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Ponorogo yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes pemahaman konsep matematika, angket minat belajar matematika, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif terhadap data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran scramble dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan minat belajar matematika dan pemahaman konsep matematika siswa. Penerapan model pembelajaran scramble yang berbasis permainan dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan materi yang diberikan akan sulit untuk dilupakan. Dengan penerapan pendekatan saintifik pula siswa didorong untuk lebih aktif. Khususnya pada langkah menalar, siswa dituntut untuk mampu menemukan konsep sendiri. Dari hasil angket minat belajar matematika dan tes pemahaman konsep matematika siswa siklus I diperoleh bahwa terdapat indikator minat belajar matematika dan pemahaman konsep matematika siswa yang masih mencapai kriteria cukup. Namun, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, seluruh indikator minat belajar matematika dan pemahaman konsep matematika siswa mencapai >70% dengan kriteria baik Kata Kunci: Model Pembelajaran Scramble, Pendekatan Saintifik, minat belajar matematika, pemahaman konsep matematika