GANGGUAN BELAJAR PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MI MA’ARIF MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

Main Author: Fadlillah, M
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UM Magelang , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/2018/1/Artikel%20Prosiding%20Semnas%20Magelang%20%28hal%2074%29.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/2018/
Daftar Isi:
  • Gangguan belajar merupakan salah satu macam dari anak berkebutuhan khusus. Gejala-gejala gangguan belajar ini ialah sulit berkonsentrasi dan memahami informasi baru yang diakibatkan oleh gangguan syaraf maupun fungsi otak. Anak yang mengalami ganggua belajar akan menunjukkan sikap-sikap yang berbeda dibandingkan dengan teman yang lain, seperti suka berteriak-teriak, melamun, ketakutan, dan berlari ke sana-ke mari. Sikap seperti ini ditunjukkan olehRumiyati Diah Sekar Purwaningsih yang merupakan siswa yang didiagnosis memiliki gangguan dalam belajar. Gangguan belajar ini dapat diatasi dengan terapi secara rutin, misalnya terapi bicara, pembiasaan, dan terapi sosial. Selain itu, dapat pula dilakukan pencegahan sejak dini yaitu pralahir dan pascalahir. Kata Kunci: gangguan belajar, anak berkebutuhan khusus