ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, DAN KEUNGGULAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA PADA MINAT MEMBELI ULANG (Studi Kasus: Pada Auto Bridal Semarang)

Main Author: BAYHAQI, Yuzza
Format: Thesis NonPeerReviewed application/msword application/pdf
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/5668/1/COVER-RUPT.doc
http://eprints.undip.ac.id/5668/2/COVER-RUPT.pdf
http://eprints.undip.ac.id/5668/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh kualitas layanan dan keunggulan produk terhadap kepuasan pelanggan dan pengaruhnya terhadap peningkatan minat membeli ulang. Penggunaan variable-variabel tersebut dengan alasan hasil penelitian terdahulu, yaitu: Parasuraman, Zeithaml dan Berry, (1985; 1988; 1990 dan 1994); Fornell, (1992); Anderson et al., (1994); dan Thamrin, (2003). yang menemukan pengaruh langsung kualitas layanan dan keunggulan produk terhadap kepuasan pelanggan dan pengaruhnya terhadap peningkatan minat membeli ulang Auto Bridal Semarang, yaitu ketidakpuasan pelanggan yang berdampak pada minat membeli ulang yang rendah. Sampel penelitian ini adalah pelanggan Auto Bridal Semarang, sejumlah 100 orang. Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunakan untuk menganalisis data, Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas layanan dan keunggulan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli ulang. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan minat membeli ulang, perlu memperhatikan faktor-faktor seperti kualitas layanan, keunggulan produk dan kepuasan pelanggan, karena faktor-faktor tersebut terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya minat membeli ulang. Implikasi teoritis dan saran-saran bagi penelitian mendatang juga diuraikan pada bagian akhir dalam penelitian ini