HUBUNGAN ANTARA TERPAAN TAGLINE DENGAN TINGKAT KESADARAN MEREK TEH BOTOL SOSRO

Main Author: Galuh Diesti Hayu Paramesthi, Galuh Diesti Hayu Paramesthi
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/24959/1/SUMMARY_PENELITIAN_Galuh_Diesti_Hayu_Paramesthi.pdf
http://eprints.undip.ac.id/24959/
Daftar Isi:
  • Tagline atau slogan merupakan salah satu elemen penting dalam membangun persepsi konsumen, tagline pada dasarnya adalah frase pendek yang memberikan deskripsi atau informasi dari suatu merek. digunakan untuk membantu merek dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan sebuah produk. Persoalan yang sentral dalam masalah ini adalah bagaimana cara khalayak dalam mengolah informasi dan menyusunnya dalam sistem kognitif, tagline yang kuat akan membantu suatu merek dalam meningkatkan awareness. Penelitian ini menggunakan teori elaborasi bertujuan untuk mengetahui hubungan antara terpaan tagline terhadap tingkat kesadaran merek Teh Botol Sosro. Penelitian ini bersifat eksplanasi dan menggunakan teknik stratified random sampling pada masyarakat Kelurahan Pandean Lamper Kecamatan Gayam Sari Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kecenderungan hubungan positif antara terpaan tagline dengan tingkat kesadaran merek Teh Botol Sosro. Pada saat terpaan tagline tinggi maka kesadaran merenya juga tinggi (76,9%), dan ketika intensitas terpaan tagline rendah maka tingkat kesadaran mereknya juga rendah( 70,5%) Key Words : Tagline, awareness, elaborations likelihood