PREFERENSI PENGGUNA DAN PENYEDIA JASA TERHADAP SISTEM JARINGAN TRANSPORTASI JALAN (JTJ) YANG MENDUKUNG PELABUHAN DI KABUPATEN BELITUNG (Studi Kasus: Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru)
Main Author: | SUBIAKTO, SUBIAKTO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.undip.ac.id/24162/1/SUBIAKTO.pdf http://eprints.undip.ac.id/24162/ |
ctrlnum |
24162 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PREFERENSI PENGGUNA DAN PENYEDIA JASA TERHADAP
SISTEM JARINGAN TRANSPORTASI JALAN (JTJ) YANG
MENDUKUNG PELABUHAN DI KABUPATEN BELITUNG
(Studi Kasus: Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru)</title><creator>SUBIAKTO, SUBIAKTO</creator><subject>HV Social pathology. Social and public welfare</subject><description>ABSTRAK
Sehubungan dengan meningkatnya aktivitas pembangunan di Kabupaten
Belitung, maka meningkat pula aktivitas dibidang transportasi, khususnya transportasi
yang mendukung Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru. Peningkatan
akivitas transportasi tanpa didukung dengan penyediaan sarana, prasarana dan sistem
pengoperasian transportasi yang handal telah menimbulkan berbagai permasalahan.
Adanya berbagai permasalah transportasi yang terjadi, menuntut untuk dilakukannya
upaya mengoptimalkan kinerja pada sistem Jaringan Transportasi Jalan (JTJ) yang
mendukung kedua pelabuhan tersebut. Agar upaya peningkatan dapat mencapai tujuan
yang diharapkan, maka penentuan/pemilihan program yang akan dilaksanakan harus
benar-benar tepat. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk memilih
kebijakan/program yang akan diambil adalah dengan teknik Analytical Hierarchi Process
(AHP).
Penelitian preferensi dengan menggunakan teknik AHP ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pandangan para responden yang terdiri dari unsur penyedia jasa dan
pengguna jasa, mengenai program yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan dalam
upaya mengoptimalkan kinerja sistem JTJ yang mendukung pelabuhan di Kabupaten
Belitung (Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru). Adapun variabel yang
digunakan dalam analisis AHP merupakan kriteria-kriteria yang menggambarkan kinerja
sistem JTJ yang mendukung Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru, yang
terdiri dari variabel keamanan, kenyamanan, biaya, waktu dan ketersediaan. Metode
pendekatan yang digunakan dalam penelitian preferensi ini adalah menggunakan
pendekatan kuantitatif.
Hasil akhir (Output) yang didapat dari penelitian adalah berupa program terpilih
yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan dalam upaya mengoptimalkan kinerja sistem
JTJ yang mendukung pelabuhan di Kabupaten Belitung secara menyeluruh (Pelabuhan
Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru), yaitu program pengembangan sistem
pengoperasian transportasi. Bila ditinjau dari masing-masing pelabuhan, maka yang
menjadi prioritas dalam upaya peningkatan sistem JTJ yang mendukung Pelabuhan
Tanjungpandan adalah program pengembangan sistem pengoperasian transportasi,
sedangkan untuk Pelabuhan Tanjung Ru adalah program pengembangan sarana
transportasi. Hasil analisis preferensi tersebut didukung oleh kondisi eksisting sistem JTJ
pada masing-masing pelabuhan yang menunjukkan bahwa kondisi sistem pengoperasian
transportasi yang mendukung Pelabuhan Tanjungpandan dan kondisi sarana transportasi
yang mendukung Pelabuhan Tanjung Ru belum optimal kinerjanya. Selanjutnya dari hasil
penelitian preferensi tersebut dapat dijadikan rekomendasi kepada pemerintah daerah
untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan pembangunan di bidang
transportasi di Kabupaten Belitung.
Kata kunci: Preferensi, Tingkat pelayanan/kinerja, Sistem Jaringan Transportasi Jalan
(JTJ), Pengguna Jasa dan Penyedia Jasa,.
ABSTRACT
Referring to the increasing of development activity in Belitung Regency, hence
increasing also activity is transportation sector, especially transportation that is
supporting Port of Tanjungpandan and Port of Tanjung Ru. Improvement of
transportation activity without supported with supporting facilities supply, infrastructure
and operation system of reliable transportation has generated various problems.
Existence of various problems transportation happened, claims to do of improvement
effort of performance at transportation tissue system of road what supports both the
ports. To strive of improvement can reach purpose of expected; hence selection of
program which will be executed must really precise. One of method which applicable to
choose program will be taken which is with technique Analytical Hierarchy Process
(AHP).
Research of preference by using this AHP technique aim to description of opinion
sight of the responders consisted of by element of service feeder and service user, about
program becoming priority is achieved in the effort increasing system performance
transportation tissue system of road supporting port in Belitung Regency (Port of
Tanjungpandan and Port of Tanjung Ru). As for variable applied in analyzing AHP is
criterions depicting system performance transportation tissue system of road supporting
Port of Tanjungpandan and Port of Tanjung Ru, what consisted of security and safety
variable, comfort, cost, time and availability. Approach method applied in research of
this preference is applying quantitative approach.
End result gotten from research is in the form of chosen program becoming
priority is achieved in the effort increasing system performance transportation tissue
system of road supporting port in Belitung Regency across the board ( Port of
Tanjungpandan and Port of Tanjung Ru), that is operation system development program
of transportation. If evaluated from each port, hence becoming priority in the effort
improvement of transportation tissue system of road supporting Port of Tanjungpandan is
operation system development program of transportation, while for Port of Tanjung Ru is
development program supporting facilities for transportation. Result of preference
analysis supported by condition of existing transportation tissue system of road at each
port indicating that condition of operation system of transportation that is supporting
Port of Tanjungpandan and condition of supporting facilities for transportation that is
supporting Port of Tanjung Ru has not optimal of its performance. Hereinafter, result of
research of preference can be made recommendation to local government to be
consideration in execution of development in transportation area in Belitung Regency.
Keyword: Preference, Performance, Transportation tissue system of road, Service User
and Service Feeder.</description><date>2009</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.undip.ac.id/24162/1/SUBIAKTO.pdf</identifier><identifier>SUBIAKTO, SUBIAKTO (2009) PREFERENSI PENGGUNA DAN PENYEDIA JASA TERHADAP SISTEM JARINGAN TRANSPORTASI JALAN (JTJ) YANG MENDUKUNG PELABUHAN DI KABUPATEN BELITUNG (Studi Kasus: Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.</identifier><relation>http://eprints.undip.ac.id/24162/</relation><recordID>24162</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
SUBIAKTO, SUBIAKTO |
title |
PREFERENSI PENGGUNA DAN PENYEDIA JASA TERHADAP
SISTEM JARINGAN TRANSPORTASI JALAN (JTJ) YANG
MENDUKUNG PELABUHAN DI KABUPATEN BELITUNG
(Studi Kasus: Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru) |
publishDate |
2009 |
topic |
HV Social pathology. Social and public welfare |
url |
http://eprints.undip.ac.id/24162/1/SUBIAKTO.pdf http://eprints.undip.ac.id/24162/ |
contents |
ABSTRAK
Sehubungan dengan meningkatnya aktivitas pembangunan di Kabupaten
Belitung, maka meningkat pula aktivitas dibidang transportasi, khususnya transportasi
yang mendukung Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru. Peningkatan
akivitas transportasi tanpa didukung dengan penyediaan sarana, prasarana dan sistem
pengoperasian transportasi yang handal telah menimbulkan berbagai permasalahan.
Adanya berbagai permasalah transportasi yang terjadi, menuntut untuk dilakukannya
upaya mengoptimalkan kinerja pada sistem Jaringan Transportasi Jalan (JTJ) yang
mendukung kedua pelabuhan tersebut. Agar upaya peningkatan dapat mencapai tujuan
yang diharapkan, maka penentuan/pemilihan program yang akan dilaksanakan harus
benar-benar tepat. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk memilih
kebijakan/program yang akan diambil adalah dengan teknik Analytical Hierarchi Process
(AHP).
Penelitian preferensi dengan menggunakan teknik AHP ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pandangan para responden yang terdiri dari unsur penyedia jasa dan
pengguna jasa, mengenai program yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan dalam
upaya mengoptimalkan kinerja sistem JTJ yang mendukung pelabuhan di Kabupaten
Belitung (Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru). Adapun variabel yang
digunakan dalam analisis AHP merupakan kriteria-kriteria yang menggambarkan kinerja
sistem JTJ yang mendukung Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru, yang
terdiri dari variabel keamanan, kenyamanan, biaya, waktu dan ketersediaan. Metode
pendekatan yang digunakan dalam penelitian preferensi ini adalah menggunakan
pendekatan kuantitatif.
Hasil akhir (Output) yang didapat dari penelitian adalah berupa program terpilih
yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan dalam upaya mengoptimalkan kinerja sistem
JTJ yang mendukung pelabuhan di Kabupaten Belitung secara menyeluruh (Pelabuhan
Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru), yaitu program pengembangan sistem
pengoperasian transportasi. Bila ditinjau dari masing-masing pelabuhan, maka yang
menjadi prioritas dalam upaya peningkatan sistem JTJ yang mendukung Pelabuhan
Tanjungpandan adalah program pengembangan sistem pengoperasian transportasi,
sedangkan untuk Pelabuhan Tanjung Ru adalah program pengembangan sarana
transportasi. Hasil analisis preferensi tersebut didukung oleh kondisi eksisting sistem JTJ
pada masing-masing pelabuhan yang menunjukkan bahwa kondisi sistem pengoperasian
transportasi yang mendukung Pelabuhan Tanjungpandan dan kondisi sarana transportasi
yang mendukung Pelabuhan Tanjung Ru belum optimal kinerjanya. Selanjutnya dari hasil
penelitian preferensi tersebut dapat dijadikan rekomendasi kepada pemerintah daerah
untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan pembangunan di bidang
transportasi di Kabupaten Belitung.
Kata kunci: Preferensi, Tingkat pelayanan/kinerja, Sistem Jaringan Transportasi Jalan
(JTJ), Pengguna Jasa dan Penyedia Jasa,.
ABSTRACT
Referring to the increasing of development activity in Belitung Regency, hence
increasing also activity is transportation sector, especially transportation that is
supporting Port of Tanjungpandan and Port of Tanjung Ru. Improvement of
transportation activity without supported with supporting facilities supply, infrastructure
and operation system of reliable transportation has generated various problems.
Existence of various problems transportation happened, claims to do of improvement
effort of performance at transportation tissue system of road what supports both the
ports. To strive of improvement can reach purpose of expected; hence selection of
program which will be executed must really precise. One of method which applicable to
choose program will be taken which is with technique Analytical Hierarchy Process
(AHP).
Research of preference by using this AHP technique aim to description of opinion
sight of the responders consisted of by element of service feeder and service user, about
program becoming priority is achieved in the effort increasing system performance
transportation tissue system of road supporting port in Belitung Regency (Port of
Tanjungpandan and Port of Tanjung Ru). As for variable applied in analyzing AHP is
criterions depicting system performance transportation tissue system of road supporting
Port of Tanjungpandan and Port of Tanjung Ru, what consisted of security and safety
variable, comfort, cost, time and availability. Approach method applied in research of
this preference is applying quantitative approach.
End result gotten from research is in the form of chosen program becoming
priority is achieved in the effort increasing system performance transportation tissue
system of road supporting port in Belitung Regency across the board ( Port of
Tanjungpandan and Port of Tanjung Ru), that is operation system development program
of transportation. If evaluated from each port, hence becoming priority in the effort
improvement of transportation tissue system of road supporting Port of Tanjungpandan is
operation system development program of transportation, while for Port of Tanjung Ru is
development program supporting facilities for transportation. Result of preference
analysis supported by condition of existing transportation tissue system of road at each
port indicating that condition of operation system of transportation that is supporting
Port of Tanjungpandan and condition of supporting facilities for transportation that is
supporting Port of Tanjung Ru has not optimal of its performance. Hereinafter, result of
research of preference can be made recommendation to local government to be
consideration in execution of development in transportation area in Belitung Regency.
Keyword: Preference, Performance, Transportation tissue system of road, Service User
and Service Feeder. |
id |
IOS2852.24162 |
institution |
Universitas Diponegoro |
institution_id |
69 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Diponegoro |
library_id |
485 |
collection |
Diponegoro University Institutional Repository |
repository_id |
2852 |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2852 |
first_indexed |
2016-09-15T18:15:59Z |
last_indexed |
2016-09-22T21:01:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765880856545591296 |
score |
17.13294 |