PENGARUH BRAND IMAGE (CITRA MEREK) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG (Studi Pada Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Brawijaya Malang)

Main Author: Kurniawan, Joni; Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tribhuwana Tunggadewi , 2016
Subjects:
Online Access: http://publikasi.unitri.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/170
http://publikasi.unitri.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/170/200
Daftar Isi:
  • Citra merek merupakan salah satu pertimbangan konsumen dalam membeli sebuah produk, konsumen dengan image yang positif terhadap suatu brand, lebih memungkinkan untuk melakukan pembelian. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh citra merek yang meliputi (citra perusahaan, citra pengguna dan citra produk) terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung serta variabel mana yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Peneltian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya Malang, sampel yang digunakan berjumlah 100 responden, jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/angket, dalam penetuan sampel digunakan metode Purposive Sampling dan teknik sampel yang digunakan yaitu Non Probability Sampling, metode analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil pengujian simultan yang dilakukan menunjukan bahwa citra merek yang meliputi (citra perusahaan, citra pengguna dan citra produk) secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung, dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel sebesar 29.038 > 2,70. Hasil tersebut menunjukan bahwa konsumen menjadikan citra merek sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih atau membeli smartphone Samsung. Hasil pengujian parsial yang dilakukan menunjukan bahwa citra merek yang meliputi (citra perusahaan, citra pengguna dan citra produk) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung. Hasil pengujian tersebut didapatkan nilai T hitung masing- masing, citra perusahaan sebesar 2.489, citra pengguna sebesar 4.023, citra produk sebesar 3.465. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa citra pengguna sebagai variabel dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2) diketahui sebesar 0,624, hal ini menunjukan bahwa keputusan konsumen dalam membeli smartphone merek Samsung dipengaruhi oleh citra merek sebesar 0,624 yang mana jika dipersentasekan sebesar 62,40% dan sisanya sebesar 37,60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.