Perancangan promosi komunikasi visual perayaan Cap Go Meh Kota Makassar
Main Author: | MEILINDA YOSAL |
---|---|
Terbitan: |
Universitas Kristen Petra
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=18612 |
Daftar Isi:
- Perayaan Cap Go Meh merupakan perayaan hari ke-15 Imlek yang menandakan berakhirnya perayaan Imlek. Sejak keputusan Megawati Seokarno Putri tahun 2002 yang mengesahkan Imlek sebagai hari raya nasional, warga Tionghoa dapat kembali melaksanakan perayaan adat tradisi nenek moyang, termasuk perayaan Cap Go Meh. Sejak tahun 2004, kota Makassar baru 4 kali melaksanakan perayaan Cap Go Meh dan masih banyak masyarakat Indonesia, khususnya di kota-kota besar yang belum mengetahui perayaan ini. Oleh karena itu, tujuan dari perancangan ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat mengenai perayaan Cap Go Meh kota Makassar dan menciptakan media yang tepat untuk target audience. Perancangan ini didesain berdasarkan fakta yang diperoleh melalui hasil riset lapangan, seperti wawancara maupun data literatur seperti kuesioner dan analisa SWOT. Media promosi yang digunakan berupa iklan koran, artikel majalah, website, brosur, poster, sticker muka, sticker mobil, iklan bandara, merchandise, umbul-umbul, dan bookguide. Diharapkan dengan adanya perancangan ini mampu membawa perayaan Cap Go Meh menjadi salah satu pilihan masyarakat.