Implementasi Manajemen Kurikulum Dayah di Kabupaten Bireuen

Main Author: Athahillah, Athahillah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/9728/1/DISERTASI%20ATHAHILLAH_final%20TANDANTANGAN%2BNIDN.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/9728/
ctrlnum 9728
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinsu.ac.id/9728/</relation><title>Implementasi Manajemen Kurikulum Dayah di&#xD; Kabupaten Bireuen</title><creator>Athahillah, Athahillah</creator><subject>375 Curriculums</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan kurikulum dayah di&#xD; Kabupaten Bireuen; (2) Penggorganisasian kurikulum dayah di Kabupaten Bireuen;&#xD; (3) Pelaksanaan kurikulum dayah di Kabupaten Bireuen; (4) Evaluasi kurikulum&#xD; dayah di Kabupaten Bireuen; dan (5) Pengawasan kurikulum dayah di Kabupaten&#xD; Bireuen.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui&#xD; wawancara, observasi dan studi dokumen.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik empat kesimpulan, yaitu:&#xD; (1) Perencanaan kurikulum dayah di Kabupaten Bireuen dilakukan melalui&#xD; musyawarah penyusunan kurikulum. Beberapa komponen yang terlibat dalam&#xD; &#xD; penyusunan kurikulum di Dayah Kabupaten Bireuen adalah pimpinan dayah, guru-&#xD; guru dan tim pakar dayah serta pihak Kementerian Agama dan Dinas Pembinaan&#xD; &#xD; Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen. Mekanisme penyusunannya dilakukan dengan&#xD; memetakan kompetensi dasar, menganalisis alokasi waktu, membuat program&#xD; tahunan dan program semester, kemudian membuat RPP (Rencana Pelaksanaan&#xD; Pembelajaran). Hanya saja masing-masing Dayah memiliki kekhasan masing-masing,&#xD; dayah MUDI Mesra menyusun kurikulum dengan model generasional dan&#xD; pengembangan kurikulum untuk perguruan tinggi. Dayah Ummul Ayman selain&#xD; menyusun kurikulum generasional, juga mengembangkan kurikulum untuk SMP dan&#xD; SMA. Selanjutnya dayah Madinatuddiniyah Babussalam Blangbladeh hanya&#xD; memegang kurikulum salafi; (2) Penggorganisasian kurikulum dayah di Kabupaten&#xD; Bireuen berlangsung melalui beberapa kegiatan, yaitu: pembagian tugas mengajar&#xD; dan tugas-tugas lain secara merata, sesuai dengan bidang keahlian dan minat para&#xD; tengku, penyusunan jadwal pelajaran, penyusun jadwal kegiatan perbaikan dan&#xD; pengayaan, penyusunan jadwal kegiatan ekstrakurikuler dan penyusunan jadwal&#xD; penyegaran bagi para guru. Untuk menjamin keberlangsungan proses tersebut Abu&#xD; Dayah menyusun struktur organisasi kerja dayah; (3) Pelaksanaan kurikulum dayah&#xD; di Kabupaten Bireuen berorientasi pada terselenggaranya proses pembelajaran yang produktif, aktif, inovatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Untuk menjamin&#xD; terwujudnya proses pembelajaran PAIKEM, seluruh guru dayah diharuskan memiliki&#xD; dokumen pembelajaran. Selain itu, keberhasilan pelaksanaan kurikulum dayah di&#xD; Kabupaten Bireuen didukung oleh kepemimpinan instruksional pimpinan dayah yang&#xD; menjadi teladan, memotivasi dan mendukung guru-guru di dayah dalam&#xD; meningkatkan kompetensi dan kinerja pembelajaran. Dalam hal ini, terdapat&#xD; kekhasan masing-masing dayah. Dayah MUDI Mesra dan Dayah Ummul Ayman&#xD; selain memegang tradisi salafi, juga mengadopsi tradisi khalafi (modern), sedangkan&#xD; Dayah Madinatuddiniyah Babussalam Blangbladeh hanya menggunakan tradisi salafi&#xD; saja; (4) Pengawasan kurikulum dayah di Kabupaten Bireuen pengawasan yang&#xD; dilakukan pimpinan terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru&#xD; berdasarkan dokumen pembelajaran yang telah disusun guru dan disahkan oleh&#xD; pimpinan dengan cara melakukan supervisi ke kelas pembelajaran saat pembelajaran&#xD; berlangsung dan/atau kegiatan edukasi lainnya. Selain itu pengawasan juga dilakukan&#xD; pihak eksternal untuk menentukan tipe dayah; dan (5) Evaluasi kurikulum dayah di&#xD; Kabupaten Bireuen meliputi pemeriksaan dokumen pembelajaran guru/Rencana&#xD; Pelaksanaan Pembelajaran dan menjaring masukan terkait dengan sistem dukungan&#xD; untuk meningkatkan mutu pembelajaran di dayah serta evaluasi kemampuan aneuk&#xD; dayah/santri selama mengikuti proses pembelajaran.</description><date>2020</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/9728/1/DISERTASI%20ATHAHILLAH_final%20TANDANTANGAN%2BNIDN.pdf</identifier><identifier> Athahillah, Athahillah (2020) Implementasi Manajemen Kurikulum Dayah di Kabupaten Bireuen. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. </identifier><recordID>9728</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Athahillah, Athahillah
title Implementasi Manajemen Kurikulum Dayah di Kabupaten Bireuen
publishDate 2020
topic 375 Curriculums
url http://repository.uinsu.ac.id/9728/1/DISERTASI%20ATHAHILLAH_final%20TANDANTANGAN%2BNIDN.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/9728/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan kurikulum dayah di Kabupaten Bireuen; (2) Penggorganisasian kurikulum dayah di Kabupaten Bireuen; (3) Pelaksanaan kurikulum dayah di Kabupaten Bireuen; (4) Evaluasi kurikulum dayah di Kabupaten Bireuen; dan (5) Pengawasan kurikulum dayah di Kabupaten Bireuen. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik empat kesimpulan, yaitu: (1) Perencanaan kurikulum dayah di Kabupaten Bireuen dilakukan melalui musyawarah penyusunan kurikulum. Beberapa komponen yang terlibat dalam penyusunan kurikulum di Dayah Kabupaten Bireuen adalah pimpinan dayah, guru- guru dan tim pakar dayah serta pihak Kementerian Agama dan Dinas Pembinaan Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen. Mekanisme penyusunannya dilakukan dengan memetakan kompetensi dasar, menganalisis alokasi waktu, membuat program tahunan dan program semester, kemudian membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Hanya saja masing-masing Dayah memiliki kekhasan masing-masing, dayah MUDI Mesra menyusun kurikulum dengan model generasional dan pengembangan kurikulum untuk perguruan tinggi. Dayah Ummul Ayman selain menyusun kurikulum generasional, juga mengembangkan kurikulum untuk SMP dan SMA. Selanjutnya dayah Madinatuddiniyah Babussalam Blangbladeh hanya memegang kurikulum salafi; (2) Penggorganisasian kurikulum dayah di Kabupaten Bireuen berlangsung melalui beberapa kegiatan, yaitu: pembagian tugas mengajar dan tugas-tugas lain secara merata, sesuai dengan bidang keahlian dan minat para tengku, penyusunan jadwal pelajaran, penyusun jadwal kegiatan perbaikan dan pengayaan, penyusunan jadwal kegiatan ekstrakurikuler dan penyusunan jadwal penyegaran bagi para guru. Untuk menjamin keberlangsungan proses tersebut Abu Dayah menyusun struktur organisasi kerja dayah; (3) Pelaksanaan kurikulum dayah di Kabupaten Bireuen berorientasi pada terselenggaranya proses pembelajaran yang produktif, aktif, inovatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Untuk menjamin terwujudnya proses pembelajaran PAIKEM, seluruh guru dayah diharuskan memiliki dokumen pembelajaran. Selain itu, keberhasilan pelaksanaan kurikulum dayah di Kabupaten Bireuen didukung oleh kepemimpinan instruksional pimpinan dayah yang menjadi teladan, memotivasi dan mendukung guru-guru di dayah dalam meningkatkan kompetensi dan kinerja pembelajaran. Dalam hal ini, terdapat kekhasan masing-masing dayah. Dayah MUDI Mesra dan Dayah Ummul Ayman selain memegang tradisi salafi, juga mengadopsi tradisi khalafi (modern), sedangkan Dayah Madinatuddiniyah Babussalam Blangbladeh hanya menggunakan tradisi salafi saja; (4) Pengawasan kurikulum dayah di Kabupaten Bireuen pengawasan yang dilakukan pimpinan terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru berdasarkan dokumen pembelajaran yang telah disusun guru dan disahkan oleh pimpinan dengan cara melakukan supervisi ke kelas pembelajaran saat pembelajaran berlangsung dan/atau kegiatan edukasi lainnya. Selain itu pengawasan juga dilakukan pihak eksternal untuk menentukan tipe dayah; dan (5) Evaluasi kurikulum dayah di Kabupaten Bireuen meliputi pemeriksaan dokumen pembelajaran guru/Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan menjaring masukan terkait dengan sistem dukungan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di dayah serta evaluasi kemampuan aneuk dayah/santri selama mengikuti proses pembelajaran.
id IOS2781.9728
institution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 503
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
library_id 508
collection Repository UIN Sumatera Utara
repository_id 2781
subject_area Adat Istiadat
Administrasi Negara dan Militer
Agama
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS2781
first_indexed 2020-11-11T21:50:33Z
last_indexed 2020-11-11T21:50:33Z
recordtype dc
_version_ 1765850870673571840
score 17.538404