Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Tipe Number Heads Together (NHT) Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Tahun Pembelajaran 2019-2020
Main Author: | Rahmayani, Desi |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/7871/1/DESI%20RAHMAYANI.pdf http://repository.uinsu.ac.id/7871/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Number Heads Together di MA Al-washliyah Tembung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperiman. Populasinya adalah seluruh siswa/i kelas XI MA Al-washliyah Tembung yang berjumlah 173 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIA a dan XI MIA B yang masing-masing berjumlah 36 siswa yang ditentukan dengan cara clusterrandom sampling. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dan kemudian dilanjutkan dengan Uji Tuckey. Hasil temuan ini menunjukkan : 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Number Heads Together dengan F_hitung= 5,977 > F_tabel pada taraf (∝=0,05)= 3,061; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Number Heads Together dengan F_hitung= 3,441 > F_tabel pada taraf (∝=0,05)= 2,732 dan kemudian dilanjutkan dengan uji tuckey diperoleh Q_3(A_1 B_1 dan A_2 B_1) Q_hitung > Q_tabel dimana Q_hitung= 7,611 dan Q_tabel= 2,669: 3) Tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Number Heads Together dengan F_hitung= 0,293 < F_tabel pada taraf (∝=0,05)= 2,732 dan kemudian dilanjutkan dilanjutkan dengan uji tuckey diperoleh Q_hitung < Q_tabel dimana Q_hitung= 0,114 dan Q_tabel= 2,669. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dari pada dengan tipe Number Heads Together.