Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Menggunakan Metode Pembelajaran Tipe TGT (Team Game Turnamen) Dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Satu Variabel Kelas X SMA Negeri 1 Dolok Masihul Tahun Pembelajaran 2019-2020

Main Author: Ramadanti, Eka
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7824/1/SKRIPSI%20EKA%20RAMADANTI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7824/
ctrlnum 7824
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinsu.ac.id/7824/</relation><title>Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Menggunakan Metode Pembelajaran Tipe TGT (Team Game Turnamen) Dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Satu Variabel Kelas X SMA Negeri 1 Dolok Masihul Tahun Pembelajaran 2019-2020.</title><creator>Ramadanti, Eka</creator><subject>2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel (ii) mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel (iii) Untuk mengetahui perbedaan kemmapuan komunikasi mtematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Dolok Masihul yang terdiri atas 6 kelas yang berjumlah 245 siswa. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling terpilih dua kelas yaitu kelas X IPAB sebagai kelas eksperimen I dan kelas X-IPA C II sebagai eksperimen I yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah berbentuk tes pilihan berganda berupa tes awal (pretest) dan tes hasil belajar (posttest) yang masing-masing berjumlah 30 siswa.&#xD; Kemampuan Komunikasi Matematis siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi Persmaaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Satu Variabel di kelas X SMAN 1 Dolok Masihul tergolong sedang, hal ini dilihat dari hasil posttest dengan nilai rata-rata 78,56. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel di kelas X SMAN 1 Dolok Masihul tergolong cukup 71,83. Terdapat perbedaan kemmapuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Temas Games Tournament) dan model pembelajaran berbasis masalah di SMAN 1 Dolok Masihul. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t dimana diperoleh nilai thitung (2,320) lebih besar dari ttabel (1,652).</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/7824/1/SKRIPSI%20EKA%20RAMADANTI.pdf</identifier><identifier> Ramadanti, Eka (2019) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Menggunakan Metode Pembelajaran Tipe TGT (Team Game Turnamen) Dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Satu Variabel Kelas X SMA Negeri 1 Dolok Masihul Tahun Pembelajaran 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. </identifier><recordID>7824</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ramadanti, Eka
title Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Menggunakan Metode Pembelajaran Tipe TGT (Team Game Turnamen) Dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Satu Variabel Kelas X SMA Negeri 1 Dolok Masihul Tahun Pembelajaran 2019-2020
publishDate 2019
topic 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
url http://repository.uinsu.ac.id/7824/1/SKRIPSI%20EKA%20RAMADANTI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7824/
contents Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel (ii) mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel (iii) Untuk mengetahui perbedaan kemmapuan komunikasi mtematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Dolok Masihul yang terdiri atas 6 kelas yang berjumlah 245 siswa. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling terpilih dua kelas yaitu kelas X IPAB sebagai kelas eksperimen I dan kelas X-IPA C II sebagai eksperimen I yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah berbentuk tes pilihan berganda berupa tes awal (pretest) dan tes hasil belajar (posttest) yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Kemampuan Komunikasi Matematis siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi Persmaaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Satu Variabel di kelas X SMAN 1 Dolok Masihul tergolong sedang, hal ini dilihat dari hasil posttest dengan nilai rata-rata 78,56. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel di kelas X SMAN 1 Dolok Masihul tergolong cukup 71,83. Terdapat perbedaan kemmapuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Temas Games Tournament) dan model pembelajaran berbasis masalah di SMAN 1 Dolok Masihul. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t dimana diperoleh nilai thitung (2,320) lebih besar dari ttabel (1,652).
id IOS2781.7824
institution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 503
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
library_id 508
collection Repository UIN Sumatera Utara
repository_id 2781
subject_area Adat Istiadat
Administrasi Negara dan Militer
Agama
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS2781
first_indexed 2020-01-03T03:52:48Z
last_indexed 2020-01-03T03:52:48Z
recordtype dc
_version_ 1765850863212953600
score 17.538404