Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Yang Diajar dengan Metode Kooperatip tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Think-Talk-Write (TTW) MAS Al Jam’iyatul Wasliyah Medan

Main Author: Arianty, Widya
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/6340/1/SKRIPSI%20FIX.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/6340/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Yang Diajar dengan Metode Kooperatip tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) di kelas X MAS Al-Jam’iyatul Wasliyah Medan (2) Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Yang Diajar dengan Metode Kooperatip tipe Think-Talk-Write (TTW) di kelas X MAS Al-Jam’iyatul Wasliyah Medan. (3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan Metode Kooperatip tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Think-Talk-Write (TTW) di kelas X MAS Al Jam’iyatul Wasliyah Medan” Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan penelitian quasi eksperimen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X-A (kelas eksperimen I) sebanyak 25 siswa dan kelas X-C (kelas eksperimen II) sebanyak 25 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil temuan ini menunjukkan : (1) Kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) di MAS Al Jam’iyatul Wasliyah Medan memperoleh nilai rata-rata 68,92. (2) Kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) di MAS Al Jam’iyatul Wasliyah Medan memperoleh nilai rata-rata 61,32 (3) Terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Think-Talk-Write (TTW). Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih tinggi dibanding dengan nilai rata-rata siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW)di kelas X MAS Al Jam’iyatul Wasliyah Medan.