Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan model pembelajaran discovery learning di kelas viii MTs Al jamiyatul Washliyah

Main Author: Wahyuni, Riska Dwi
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/5704/1/SKRIPSI%20WORD.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5704/
ctrlnum 5704
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinsu.ac.id/5704/</relation><title>Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan model pembelajaran discovery learning di kelas viii MTs Al jamiyatul Washliyah</title><creator>Wahyuni, Riska Dwi</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model problem based learning(PBL). 2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model discovery learning. 3) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model PBL dan discovery learning.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Jammiyatul Washliyah Tembung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-4 berjumlah 40 siswa yang merupakan kelas eksperimen I dan kelas VIII-5 berjumalah 40 siswa yang merupakan kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data dengan memberikan posttest untuk mengetahui hasil belajar matematika yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.&#xD; Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t yang sebelumnya sudah dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk menganalisis data posttest.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada perbedaan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model problem based learning. Hali ini ditunjukkan dan dibuktikan dengan hasil uji-t, dimana hasil thitung = 4,443 dan ttabel = 2,022 berarti thitung &gt; ttabel maka H0 ditolak. Artinya rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II berbeda. Kesimpulan hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunkan model Problem Based Learning(PBL).</description><date>2018</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/5704/1/SKRIPSI%20WORD.pdf</identifier><identifier> Wahyuni, Riska Dwi (2018) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan model pembelajaran discovery learning di kelas viii MTs Al jamiyatul Washliyah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. </identifier><recordID>5704</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wahyuni, Riska Dwi
title Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan model pembelajaran discovery learning di kelas viii MTs Al jamiyatul Washliyah
publishDate 2018
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
url http://repository.uinsu.ac.id/5704/1/SKRIPSI%20WORD.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5704/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model problem based learning(PBL). 2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model discovery learning. 3) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model PBL dan discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Jammiyatul Washliyah Tembung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-4 berjumlah 40 siswa yang merupakan kelas eksperimen I dan kelas VIII-5 berjumalah 40 siswa yang merupakan kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data dengan memberikan posttest untuk mengetahui hasil belajar matematika yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t yang sebelumnya sudah dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk menganalisis data posttest.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada perbedaan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model problem based learning. Hali ini ditunjukkan dan dibuktikan dengan hasil uji-t, dimana hasil thitung = 4,443 dan ttabel = 2,022 berarti thitung > ttabel maka H0 ditolak. Artinya rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II berbeda. Kesimpulan hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunkan model Problem Based Learning(PBL).
id IOS2781.5704
institution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 503
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
library_id 508
collection Repository UIN Sumatera Utara
repository_id 2781
subject_area Adat Istiadat
Administrasi Negara dan Militer
Agama
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS2781
first_indexed 2019-05-21T11:11:37Z
last_indexed 2019-07-02T16:41:09Z
recordtype dc
_version_ 1765850855570931712
score 17.538404