Daftar Isi:
  • PT. Bank Muamalat Indonesia Capem Tanjungbalai merupakan salah satu Bank Umum Syariah yang memiliki produk tabungan masyarakat yang sangat variatif. Adapun produk tabungannya adalah Tabungan iB Muamalat, Tabungan iB Muamalat Prima, Tabungan Rancana, Tabungan Haji Arafah, Tabungan Umroh, Tabungan Kurban, Tabungaku, dan Tabungan Sahabat. Setiap bank baik konvensional maupun syariah, pasti memiliki jumlah penghimpunan tabungan yang berbeda-beda, ada yang jumlah penghimpunan tabungannya besar, ada pula yang kecil, begitu juga halnya dengan PT. Bank Muamalat Indonesia Capem Tanjungbalai yang tentunya memiliki jumlah penghimpunan tabungan yang berbeda dengan bank lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi penghimpunan tabungan masyarakat Tanjungbalai pada PT. Bank Muamalat Indonesia Capem Tanjungbalai, yaitu promosi, produk dan pelayanan, serta faktor yang paling dominan pengaruhnya dalam penghimpunan tabungan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara secara mendalam (indepth interview) kepada pihak-pihak yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan penulis, dalam hal ini yaitu karyawan PT. Bank Muamalat Indonesia Capem Tanjungbalai dinataranya marketing funding, Back Office, Teller, Customer Service dan security, serta masyarakat Tanjungbalai yang menjadi nasabah di bank tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor promosi, produk dan pelayanan bank sangat berpengaruh terhadap penghimpunan tabungan masyarakat Tanjungbalai pada PT. Bank Muamalat Indonesia Capem Tanjungbalai. Adapun faktor yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap penghimpunan tabungan masyarakat Tanjungbalai pada PT. Bank Muamalat Indonesia Capem Tanjungbalai adalah faktor promosi.