Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division dan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together pada materi pokok Integral di kelas xi man 1 medan tahun pelajaran 2017/2018
Daftar Isi:
- Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division dan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together pada materi pokok Integral di kelas xi man 1 medan tahun pelajaran 2017/2018 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi integral di kelas XI MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 13 kelas. Dari 13 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas XI-MIA 3 sebanyak 46 siswa sebagai kelas eksperimen A dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan kelas XI-MIA 2 sebanyak 46 siswa sebagai kelas eksperimen B dengan tipe NHT, dimana kedua kelas ini yang dijadikan sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes pilihan berganda. Sebelum tes ini ditetapkan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu diujicobakan di kelas XII MAN 1 Medan untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas dua bagian yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Nilai rata-rata hasil post test kelas eksperimen A sebesar 38,891 dan nilai rata-rata hasil pos-test kelas eksperimen B sebesar 36,761 dan selisih nilai rata-rata hasil pos-test antara kelas eksperimen A dan B sebesar 2,120. Dari hasil analisis data post test kelas eksperimen A diperoleh L-hitung≤L-tabel yakni 0,105≤0,131, dan data pos-test kelas eksperimen B diperoleh L-hitung≤L-tabel yakni 0,119≤0,131. Sehingga data pos-test kedua kelas eksperimen berdistribusi Normal. Dari uji homogenitas data pos-test kedua sampel bersifat homogen, dimana 2hitung<2tabel yaitu 0,045<2,076. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung>ttabel yaitu 2,766>1,662 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran koopeatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan tipe NHT pada materi integral di kelas XI MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.