Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Swasta Al-Maksum Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan

Main Author: Utami, Indah Hari
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/4123/1/Skkripsi%20Indah.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/4123/
ctrlnum 4123
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinsu.ac.id/4123/</relation><title>Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam &#xD; Di SMP Swasta Al-Maksum Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan</title><creator>Utami, Indah Hari</creator><subject>2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA</subject><subject>2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam</subject><description>Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Al-Maksum Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Swasta Al-Maksum; (2) Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Swasta Al-Maksum; (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam SMP Swasta Al-Maksum. &#xD; Jenis penelitian ini adalah kualitaif dengan pendekatan metode Fenomenologi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode; (1) Observasi (2) Wawancara; (3) Dokumentasi. Data yang sudah dikumpulkan diolah melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru pendidikan agama Islam di kelas VII-1 dan VII-2 SMP Swasta Al-Maksum. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-2 SMP Swasta Al-Maksum. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) Proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Swasta Al-Maksum masih belum berjalan dengan baik. (2) Problematika yang terjadi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Swasta Al-Maksum adalah: kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru, motivasi belajar siswa rendah, masih banyak siswa yang tidak bisa membaca Al-quran dengan lancar dan baik sesuai tajwid dan malas untuk melakukan sholat fardhu secara rutin. Problem yang terjadi pada guru yaitu kurangnya kompetensi dalam menguasai kelas dan kurangnya kompetensi dalam menguasai materi pembelajaran (3) Upaya yang dilakukan adalah menciptakan suasana belajar yang kondusif, pihak sekolah mengadakan program les tambahan untuk melancarkan bacaan Al-quran dan mengadakan pesantren kilat, membuat catatan harian siswa yang berisi jadwal sholat fardhu pihak sekolah dan mengadakan pembinaan dan mengikut sertakan guru-guru khususnya guru pendidikan agama Islam</description><date>2018-06-06</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/4123/1/Skkripsi%20Indah.pdf</identifier><identifier> Utami, Indah Hari (2018) Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Swasta Al-Maksum Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan. </identifier><recordID>4123</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Utami, Indah Hari
title Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Swasta Al-Maksum Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan
publishDate 2018
topic 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA
2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
url http://repository.uinsu.ac.id/4123/1/Skkripsi%20Indah.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/4123/
contents Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Al-Maksum Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Swasta Al-Maksum; (2) Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Swasta Al-Maksum; (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam SMP Swasta Al-Maksum. Jenis penelitian ini adalah kualitaif dengan pendekatan metode Fenomenologi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode; (1) Observasi (2) Wawancara; (3) Dokumentasi. Data yang sudah dikumpulkan diolah melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru pendidikan agama Islam di kelas VII-1 dan VII-2 SMP Swasta Al-Maksum. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-2 SMP Swasta Al-Maksum. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) Proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Swasta Al-Maksum masih belum berjalan dengan baik. (2) Problematika yang terjadi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Swasta Al-Maksum adalah: kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru, motivasi belajar siswa rendah, masih banyak siswa yang tidak bisa membaca Al-quran dengan lancar dan baik sesuai tajwid dan malas untuk melakukan sholat fardhu secara rutin. Problem yang terjadi pada guru yaitu kurangnya kompetensi dalam menguasai kelas dan kurangnya kompetensi dalam menguasai materi pembelajaran (3) Upaya yang dilakukan adalah menciptakan suasana belajar yang kondusif, pihak sekolah mengadakan program les tambahan untuk melancarkan bacaan Al-quran dan mengadakan pesantren kilat, membuat catatan harian siswa yang berisi jadwal sholat fardhu pihak sekolah dan mengadakan pembinaan dan mengikut sertakan guru-guru khususnya guru pendidikan agama Islam
id IOS2781.4123
institution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 503
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
library_id 508
collection Repository UIN Sumatera Utara
repository_id 2781
subject_area Adat Istiadat
Administrasi Negara dan Militer
Agama
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS2781
first_indexed 2019-05-05T04:45:19Z
last_indexed 2019-05-05T04:45:19Z
recordtype dc
_version_ 1765850851677569024
score 17.538404