Kepemimpinan guru dalam pembelajaran Al Qur'an hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang

Main Author: Zendrato, Riswan
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/1696/3/TESIS%20riswan%20.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1696/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan kajian dokumen. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif dengan langkah-langkah pemaparan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menginformasikan beberapa hal. Pertama, perilaku keteladanan guru dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio dilihat dari perilaku yang lembut dan sopan, guru juga berpakaian yang Islami, senantiasa menampilkan mimik muka yang senang, ceria dan senyum. Kemudian guru taat pada peraturan, tepat waktu ketika jadwal untuk melaksanakan pembelajaran, memiliki kompetensi, berpengetahuan yang luas dalam bidangnya. Kedua, perilaku komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio terlihat saat guru menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh para peserta didik, lemah lembut, dan santun. Ketiga, perilaku memberi reward guru dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio dilakukan dengan memberi imbalan dalam bentuk yang bervariatif berupa tepuk tangan oleh para peserta didik yang lainnya, dalam bentuk verbal berupa pujian dengan menyebutkan siswa tersebut adalah anak yang pintar, dan juga imbalan berupa pemberian nilai yang bagus bagi siswa yang berprestasi.