Kepemimpinan guru dalam pembelajaran Al Qur'an hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang

Main Author: Zendrato, Riswan
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/1696/3/TESIS%20riswan%20.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1696/
ctrlnum 1696
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinsu.ac.id/1696/</relation><title>Kepemimpinan guru dalam pembelajaran Al Qur'an hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang</title><creator>Zendrato, Riswan</creator><subject>2X7.33 Tingkat stanawiyah dan &#x2018;aliyah</subject><description>Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data&#xD; dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan kajian dokumen. Dalam&#xD; menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif dengan&#xD; langkah-langkah pemaparan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian menginformasikan beberapa hal. Pertama, perilaku&#xD; keteladanan guru dalam pembelajaran Al Qur&#x2019;an Hadis di Madrasah&#xD; Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio dilihat dari perilaku yang&#xD; lembut dan sopan, guru juga berpakaian yang Islami, senantiasa menampilkan&#xD; mimik muka yang senang, ceria dan senyum. Kemudian guru taat pada&#xD; peraturan, tepat waktu ketika jadwal untuk melaksanakan pembelajaran,&#xD; memiliki kompetensi, berpengetahuan yang luas dalam bidangnya. Kedua,&#xD; perilaku komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran Al Qur&#x2019;an Hadis&#xD; di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio terlihat saat guru&#xD; menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik dengan menggunakan&#xD; bahasa yang mudah dimengerti oleh para peserta didik, lemah lembut, dan santun. Ketiga, perilaku memberi reward guru dalam pembelajaran Al Qur&#x2019;an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio dilakukan dengan memberi imbalan dalam bentuk yang bervariatif berupa tepuk tangan&#xD; oleh para peserta didik yang lainnya, dalam bentuk verbal berupa pujian dengan menyebutkan siswa tersebut adalah anak yang pintar, dan juga imbalan berupa pemberian nilai yang bagus bagi siswa yang berprestasi.</description><date>2014</date><type>Thesis:Masters</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/1696/3/TESIS%20riswan%20.pdf</identifier><identifier> Zendrato, Riswan (2014) Kepemimpinan guru dalam pembelajaran Al Qur'an hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara. </identifier><recordID>1696</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Masters
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Zendrato, Riswan
title Kepemimpinan guru dalam pembelajaran Al Qur'an hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang
publishDate 2014
topic 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
url http://repository.uinsu.ac.id/1696/3/TESIS%20riswan%20.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1696/
contents Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan kajian dokumen. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif dengan langkah-langkah pemaparan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menginformasikan beberapa hal. Pertama, perilaku keteladanan guru dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio dilihat dari perilaku yang lembut dan sopan, guru juga berpakaian yang Islami, senantiasa menampilkan mimik muka yang senang, ceria dan senyum. Kemudian guru taat pada peraturan, tepat waktu ketika jadwal untuk melaksanakan pembelajaran, memiliki kompetensi, berpengetahuan yang luas dalam bidangnya. Kedua, perilaku komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio terlihat saat guru menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh para peserta didik, lemah lembut, dan santun. Ketiga, perilaku memberi reward guru dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio dilakukan dengan memberi imbalan dalam bentuk yang bervariatif berupa tepuk tangan oleh para peserta didik yang lainnya, dalam bentuk verbal berupa pujian dengan menyebutkan siswa tersebut adalah anak yang pintar, dan juga imbalan berupa pemberian nilai yang bagus bagi siswa yang berprestasi.
id IOS2781.1696
institution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 503
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
library_id 508
collection Repository UIN Sumatera Utara
repository_id 2781
subject_area Adat Istiadat
Administrasi Negara dan Militer
Agama
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS2781
first_indexed 2017-07-10T07:23:44Z
last_indexed 2017-07-10T07:23:44Z
recordtype dc
_version_ 1765850842528743424
score 17.538404