Kepemimpinan guru dalam pembelajaran Al Qur'an hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang
Main Author: | Zendrato, Riswan |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/1696/3/TESIS%20riswan%20.pdf http://repository.uinsu.ac.id/1696/ |
ctrlnum |
1696 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinsu.ac.id/1696/</relation><title>Kepemimpinan guru dalam pembelajaran Al Qur'an hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang</title><creator>Zendrato, Riswan</creator><subject>2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah</subject><description>Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data
dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan kajian dokumen. Dalam
menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif dengan
langkah-langkah pemaparan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menginformasikan beberapa hal. Pertama, perilaku
keteladanan guru dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis di Madrasah
Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio dilihat dari perilaku yang
lembut dan sopan, guru juga berpakaian yang Islami, senantiasa menampilkan
mimik muka yang senang, ceria dan senyum. Kemudian guru taat pada
peraturan, tepat waktu ketika jadwal untuk melaksanakan pembelajaran,
memiliki kompetensi, berpengetahuan yang luas dalam bidangnya. Kedua,
perilaku komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis
di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio terlihat saat guru
menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik dengan menggunakan
bahasa yang mudah dimengerti oleh para peserta didik, lemah lembut, dan santun. Ketiga, perilaku memberi reward guru dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio dilakukan dengan memberi imbalan dalam bentuk yang bervariatif berupa tepuk tangan
oleh para peserta didik yang lainnya, dalam bentuk verbal berupa pujian dengan menyebutkan siswa tersebut adalah anak yang pintar, dan juga imbalan berupa pemberian nilai yang bagus bagi siswa yang berprestasi.</description><date>2014</date><type>Thesis:Masters</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/1696/3/TESIS%20riswan%20.pdf</identifier><identifier> Zendrato, Riswan (2014) Kepemimpinan guru dalam pembelajaran Al Qur'an hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara. </identifier><recordID>1696</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Masters Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Zendrato, Riswan |
title |
Kepemimpinan guru dalam pembelajaran Al Qur'an hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang |
publishDate |
2014 |
topic |
2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
url |
http://repository.uinsu.ac.id/1696/3/TESIS%20riswan%20.pdf http://repository.uinsu.ac.id/1696/ |
contents |
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data
dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan kajian dokumen. Dalam
menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif dengan
langkah-langkah pemaparan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menginformasikan beberapa hal. Pertama, perilaku
keteladanan guru dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis di Madrasah
Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio dilihat dari perilaku yang
lembut dan sopan, guru juga berpakaian yang Islami, senantiasa menampilkan
mimik muka yang senang, ceria dan senyum. Kemudian guru taat pada
peraturan, tepat waktu ketika jadwal untuk melaksanakan pembelajaran,
memiliki kompetensi, berpengetahuan yang luas dalam bidangnya. Kedua,
perilaku komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis
di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio terlihat saat guru
menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik dengan menggunakan
bahasa yang mudah dimengerti oleh para peserta didik, lemah lembut, dan santun. Ketiga, perilaku memberi reward guru dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Medan Krio dilakukan dengan memberi imbalan dalam bentuk yang bervariatif berupa tepuk tangan
oleh para peserta didik yang lainnya, dalam bentuk verbal berupa pujian dengan menyebutkan siswa tersebut adalah anak yang pintar, dan juga imbalan berupa pemberian nilai yang bagus bagi siswa yang berprestasi. |
id |
IOS2781.1696 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
503 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan |
library_id |
508 |
collection |
Repository UIN Sumatera Utara |
repository_id |
2781 |
subject_area |
Adat Istiadat Administrasi Negara dan Militer Agama |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS2781 |
first_indexed |
2017-07-10T07:23:44Z |
last_indexed |
2017-07-10T07:23:44Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765850842528743424 |
score |
17.538404 |