PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DI PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA - GRAMEDIA EXPO SURABAYA (Dengan Pendekatan Structural Equation Modelling)

Main Author: Dicky, Hermawan
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/649/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/649/2/file2.pdf
http://www.upnjatim.ac.id
http://eprints.upnjatim.ac.id/649/
Daftar Isi:
  • PT. Gramedia Asri Media – Gramedia Expo Surabaya adalah gerai toko buku yang menjual produk buku sebagai usaha utamanya. Dengan adanya berbagai usaha sejenis, maka perusahaan perlu melakukan perbaikan dan pengembangan untuk menghadapi berbagai persaingan usaha dengan cara meningkatkan kepuasan konsumen yang pada akhirnya mempunyai konsumen yang loyal. Sehingga dapat diamati dari model pengukuran secara simultan yang dimulai dari bauran pemasaran, kebijakan perusahaan, perilaku konsumen dan keputusan pembelian, sehingga kepuasan konsumen bertambah dan loyal terhadap Gramedia.. Adapun penyelesaian permasalahan ini menggunakan regresi tersusun dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan harapan untuk mengetahui faktor–faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, sehingga dapat diketahui faktor–faktor yang berpengaruh secara signifikan dan yang tidak berpengaruh secara signifikan. Setelah dilakukan pengolahan kerangka konseptual, model kurang baik oleh karena itu perlu memodifikasi model agar model menjadi lebih baik. Hasil modifikasi menunjukkan bahwa Bauran Pemasaran (X) berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap Produk (X1.1) sebesar 0,482, Bauran Pemasaran (X) berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap Harga (X1.2) sebesar 0,343, Bauran Pemasaran (X) berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap Distribusi (X1.3) sebesar 0,48, Bauran Pemasaran (X1) berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap Promosi (X1.4) sebesar 0,641, Bauran Pemasaran (X) berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap Lokasi (X1.5) sebesar 0,443, Bauran Pemasaran (X) berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap Keragaman Produk (X1.6) sebesar 0,992, Bauran Pemasaran (X) tidak berpengaruh langsung, positif dan tidak signifikan terhadap Pelayanan (X1.7) sebesar 0,194, Bauran Pemasaran (X1) tidak berpengaruh langsung, positif dan tidak signifikan terhadap Kemudahan Mendapat Produk (X1.8) sebesar 0,009, Kebijakan Perusahaan (X.1) tidak berpengaruh langsung, positif dan tidak signifikan terhadap Bauran Pemasaran (X) sebesar 0,125, Kebijakan Perusahaan (X.1) berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumen (Y1) sebesar 0,236, Perilaku Konsumen (Y1) tidak berpengaruh langsung, positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y2) sebesar 0,087, Keputusan Pembelian (Y2) berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap terhadap Kepuasan Konsumen (Y3) sebesar 0,261, dan Kepuasan Konsumen (Y3) berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y4) sebesar 0,228.