PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG BERDAMPAK PADA LOYALITAS PELANGGAN DI BAGOES MUSIC STUDIO SIDOARJO
Main Author: | Mohammad , Yusuf Arif Setiawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/628/1/File_1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/628/2/File_2.pdf http://www.upnjatim.ac.id/ http://eprints.upnjatim.ac.id/628/ |
Daftar Isi:
- Sebuah perusahaan pasti akan dihadapkan pada persaingan bisnis yang semakin ketat, baik saat ini maupun dimasa yang akan datang. Manajemen perusahaan dituntut untuk lebih cermat dalam menentukan strategi bersaingnya, bukan hanya itu saja manajemen perusahaan diharapkan dapat mempertahankan serta meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga nantinya tercipta loyalitas pelanggan. Salah satu pemasaran yang dapat dilakukan oleh owner bisnis jasa salah satunya yaitu dengan experiential marketing atau disebut dengan pendekatan pemasaran, experiential marketing merupakan sebuah pendekatan dalam pemasaran yang sebesar-besarnya telah dilakukan sejak jaman dulu hingga sekarang oleh para bisnisman. Tingkat persaingan yang ketat saat ini sedang dialami perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa rental studio musik, Bagoes Music Studio merupakan salah satu dari sekian banyak studio musik yang ada di Sidoarjo. Pada saat sekarang ini Bagoes Music Studio dihadapkan dengan penurunan jumlah pelanggan dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan yang berdampak pada Loyalitas Pelanggan di Bagoes Music Studio Sidoarjo. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan yang berkunjung di Bagoes Music Studio Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) untuk melihat hubungan kausalitas antar faktor. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa Experiential Marketing tidak berpengaruh (signifikan negatif) terhadap Kepuasan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan berpengaruh (signifikan positif) terhadap Loyalitas Pelanggan.