ANALISIS KUALITAS PRODUK dan HARGA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA PRODUK KACANG DUA KELINCI (Studi Pada Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur)

Main Author: SAMSON, ANTONIUS TARIGAN
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/4051/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/4051/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/4051/
Daftar Isi:
  • Dewasa ini, perkembangan perekonomian telah tumbuh dengan sangat pesat. Pemasaran merupakan salah satu hal kunci keberhasilan dalam suatu usaha. Manajemen pemasaran perusahaan, dituntut untuk dapat mendesain dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang mampu menciptakan, mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan serta mencapai tujuan perusahaan. Atas dasar tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan serta pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada produk kacang Dua Kelinci. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur dan pengelompokkan sampel dalam penelitian ini menggunakan Stratified Random Sampling dengan jumlah 110 responden. Skala pengukuran menggunakan skala Likert. Data yang digunakan dalam adalah data primer, dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modelling) untuk melihat hubungan kausalitas antar variabel. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Keyword : Kualitas Produk, Harga, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan