IMPLEMENTASI METODE BERMAIN DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DI KELOMPOK BERMAIN SURYA CITA AISYIYAH DESA ROWOSARI KEC. ULUJAMI KAB. PEMALANG
Daftar Isi:
- Anak pada usia dini sebagai usia dimana anak belum memasuki suatu lembaga pendidikan formal seperti SD dan biasanya mereka tetap tinggal di rumah atau mengikuti kegiatan dalam bentuk berbagai lembaga pendidikan pra sekolah seperti kelompok bermain, taman kanak-kanak dan taman penitipan anak. Anak-anak suka bermain karena di dalam diri terdapat dorongan batin dan dorongan mengembangkan diri. Permainan juga memberikan anak kreatif pada saat bermain. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah yang akan di kaji adalah: (1). Apa jenis permainan yang digunakan untuk mengembangkan kreativitas anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah di Desa Rowosari? (2). Bagaimana bentuk kreativitas anak-anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah di Desa Rowosari? (3). Bagaimana Implementasi metode bermain dalam mengembangkan kreativitas anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah di Desa Rowosari?, tujuan penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui jenis permainan yang digunakan untuk mengembangkan kreativitas anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah Desa Rowosari? (2). Untuk mengetahui bentuk kreativitas anak-anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah Desa Rowosari? (3). Untuk mengetahui Implementasi metode bermain dalam mengembangkan kreativitas anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah Desa Rowosari?, sedangkan kegunaan penelitian ini adalah Secara teoritis Diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan bagi pembaca pada umumnya dan bagi penulis pada khususnya, dan secara praktis : Secara Praktis: hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian orang tua, guru dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi tentang Implementasi metode bermain dalam mengembangkan kreativitas anak. Pendekatan yang digunakan ini adalah pendekatan kualitatif, karena penelitian ini berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Data yang dihasilkan berupa data deskriptif dalam bentuk pernyataan atau kata-kata yang berasal dari sumber data yang diamati atau diteliti agar mudah dipahami dan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research).Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode bermain di sukai anak, maka di perlukan permainan yang mudah di lakukan anak, dan permainan itu harus di sukai anak. Jenis permainan di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah Desa Rowosari itu bermacam-macam contohnya permainan sentra balok, sentra musik, sentra seni. Bentuk-bentuk kreativitasnya anak yaitu menganyam dengan menggunakan daun pisang atau dengan kertas, melukis, permainan yang memanfaatkan barang bekas contohnya membuat kendaraan dengan memanfaat botol minum dan lain-lain. Implementasi metode bermain dalam mengembangkan kreativitas anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah Desa Rowosari membuat berbagai macam kreativitas yang tentunya dapat menumbuhkan kreativitas anak dengan melalui metode bermain agar anak merasa senang, Di sini anak-anak mempraktekkan permainan-permainan yaitu seperti permainan sentra balok, sentra seni, sentra musik yang menghasilkan bermacam-macam bentuk kreativitas contohnya membuat mobil dengan memanfaatkan botol minuman dan lain-lain, sehingga membuat mereka larut dalam imajinasi masing-masing. Dan terciptalah karya-karya mereka dengan bentuk dan hasil yang bervariasi. Anakanak merasa senang dan bangga dengan hasil karyanya sendiri dan merekapun menunjukkan kepada teman, guru dan orang tuanya, bahwa mereka mampu menghasilkan karya dengan kreativitasnya melalui metode bermain.