IMPLEMENTASI METODE BERMAIN DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DI KELOMPOK BERMAIN SURYA CITA AISYIYAH DESA ROWOSARI KEC. ULUJAMI KAB. PEMALANG
ctrlnum |
750 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/</relation><title>IMPLEMENTASI METODE BERMAIN DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DI KELOMPOK BERMAIN SURYA CITA AISYIYAH DESA ROWOSARI KEC. ULUJAMI KAB. PEMALANG</title><creator>Chotimah, Chusnul</creator><subject>130102 Early Childhood Education</subject><subject>130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy</subject><description>Anak pada usia dini sebagai usia dimana anak belum memasuki suatu
lembaga pendidikan formal seperti SD dan biasanya mereka tetap tinggal di
rumah atau mengikuti kegiatan dalam bentuk berbagai lembaga pendidikan pra
sekolah seperti kelompok bermain, taman kanak-kanak dan taman penitipan anak.
Anak-anak suka bermain karena di dalam diri terdapat dorongan batin dan
dorongan mengembangkan diri. Permainan juga memberikan anak kreatif pada
saat bermain.
Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah yang akan di kaji
adalah: (1). Apa jenis permainan yang digunakan untuk mengembangkan
kreativitas anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah di Desa Rowosari?
(2). Bagaimana bentuk kreativitas anak-anak di Kelompok Bermain Surya Cita
Aisyiyah di Desa Rowosari? (3). Bagaimana Implementasi metode bermain dalam
mengembangkan kreativitas anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah di
Desa Rowosari?, tujuan penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui jenis
permainan yang digunakan untuk mengembangkan kreativitas anak di Kelompok
Bermain Surya Cita Aisyiyah Desa Rowosari? (2). Untuk mengetahui bentuk
kreativitas anak-anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah Desa Rowosari?
(3). Untuk mengetahui Implementasi metode bermain dalam mengembangkan
kreativitas anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah Desa Rowosari?,
sedangkan kegunaan penelitian ini adalah Secara teoritis Diharapkan dapat
memberikan tambahan wawasan bagi pembaca pada umumnya dan bagi penulis
pada khususnya, dan secara praktis : Secara Praktis: hasil penelitian ini dapat
digunakan sebagai bahan kajian orang tua, guru dan pihak-pihak yang
membutuhkan informasi tentang Implementasi metode bermain dalam
mengembangkan kreativitas anak.
Pendekatan yang digunakan ini adalah pendekatan kualitatif, karena
penelitian ini berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Data
yang dihasilkan berupa data deskriptif dalam bentuk pernyataan atau kata-kata
yang berasal dari sumber data yang diamati atau diteliti agar mudah dipahami dan
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field
research).Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu metode
observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode bermain di sukai anak, maka
di perlukan permainan yang mudah di lakukan anak, dan permainan itu harus di
sukai anak. Jenis permainan di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah Desa
Rowosari itu bermacam-macam contohnya permainan sentra balok, sentra musik,
sentra seni. Bentuk-bentuk kreativitasnya anak yaitu menganyam dengan
menggunakan daun pisang atau dengan kertas, melukis, permainan yang memanfaatkan barang bekas contohnya membuat kendaraan dengan memanfaat
botol minum dan lain-lain. Implementasi metode bermain dalam mengembangkan
kreativitas anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah Desa Rowosari
membuat berbagai macam kreativitas yang tentunya dapat menumbuhkan
kreativitas anak dengan melalui metode bermain agar anak merasa senang, Di sini
anak-anak mempraktekkan permainan-permainan yaitu seperti permainan sentra
balok, sentra seni, sentra musik yang menghasilkan bermacam-macam bentuk
kreativitas contohnya membuat mobil dengan memanfaatkan botol minuman dan
lain-lain, sehingga membuat mereka larut dalam imajinasi masing-masing. Dan
terciptalah karya-karya mereka dengan bentuk dan hasil yang bervariasi. Anakanak
merasa senang dan bangga dengan hasil karyanya sendiri dan merekapun
menunjukkan kepada teman, guru dan orang tuanya, bahwa mereka mampu
menghasilkan karya dengan kreativitasnya melalui metode bermain.</description><date>2015-04-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/2/2.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/4/4.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/5/7%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/6/9%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/7/11.%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/8/12.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/9/13.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/10/14.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/11/15.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/12/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Chotimah, Chusnul (2015) IMPLEMENTASI METODE BERMAIN DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DI KELOMPOK BERMAIN SURYA CITA AISYIYAH DESA ROWOSARI KEC. ULUJAMI KAB. PEMALANG. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>750</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Chotimah, Chusnul |
title |
IMPLEMENTASI METODE BERMAIN DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DI KELOMPOK BERMAIN SURYA CITA AISYIYAH DESA ROWOSARI KEC. ULUJAMI KAB. PEMALANG |
publishDate |
2015 |
topic |
130102 Early Childhood Education 130201 Creative Arts Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
url |
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/1/1.%20COVER.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/2/2.%20PERNYATAAN.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/4/4.%20PENGESAHAN.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/5/7%20ABSTRAK.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/6/9%20DAFTAR%20ISI.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/7/11.%20BAB%201.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/8/12.%20BAB%20II.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/9/13.%20BAB%20III.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/10/14.%20BAB%20IV.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/11/15.%20BAB%20V.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/12/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/750/ http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/ |
contents |
Anak pada usia dini sebagai usia dimana anak belum memasuki suatu
lembaga pendidikan formal seperti SD dan biasanya mereka tetap tinggal di
rumah atau mengikuti kegiatan dalam bentuk berbagai lembaga pendidikan pra
sekolah seperti kelompok bermain, taman kanak-kanak dan taman penitipan anak.
Anak-anak suka bermain karena di dalam diri terdapat dorongan batin dan
dorongan mengembangkan diri. Permainan juga memberikan anak kreatif pada
saat bermain.
Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah yang akan di kaji
adalah: (1). Apa jenis permainan yang digunakan untuk mengembangkan
kreativitas anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah di Desa Rowosari?
(2). Bagaimana bentuk kreativitas anak-anak di Kelompok Bermain Surya Cita
Aisyiyah di Desa Rowosari? (3). Bagaimana Implementasi metode bermain dalam
mengembangkan kreativitas anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah di
Desa Rowosari?, tujuan penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui jenis
permainan yang digunakan untuk mengembangkan kreativitas anak di Kelompok
Bermain Surya Cita Aisyiyah Desa Rowosari? (2). Untuk mengetahui bentuk
kreativitas anak-anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah Desa Rowosari?
(3). Untuk mengetahui Implementasi metode bermain dalam mengembangkan
kreativitas anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah Desa Rowosari?,
sedangkan kegunaan penelitian ini adalah Secara teoritis Diharapkan dapat
memberikan tambahan wawasan bagi pembaca pada umumnya dan bagi penulis
pada khususnya, dan secara praktis : Secara Praktis: hasil penelitian ini dapat
digunakan sebagai bahan kajian orang tua, guru dan pihak-pihak yang
membutuhkan informasi tentang Implementasi metode bermain dalam
mengembangkan kreativitas anak.
Pendekatan yang digunakan ini adalah pendekatan kualitatif, karena
penelitian ini berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Data
yang dihasilkan berupa data deskriptif dalam bentuk pernyataan atau kata-kata
yang berasal dari sumber data yang diamati atau diteliti agar mudah dipahami dan
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field
research).Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu metode
observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode bermain di sukai anak, maka
di perlukan permainan yang mudah di lakukan anak, dan permainan itu harus di
sukai anak. Jenis permainan di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah Desa
Rowosari itu bermacam-macam contohnya permainan sentra balok, sentra musik,
sentra seni. Bentuk-bentuk kreativitasnya anak yaitu menganyam dengan
menggunakan daun pisang atau dengan kertas, melukis, permainan yang memanfaatkan barang bekas contohnya membuat kendaraan dengan memanfaat
botol minum dan lain-lain. Implementasi metode bermain dalam mengembangkan
kreativitas anak di Kelompok Bermain Surya Cita Aisyiyah Desa Rowosari
membuat berbagai macam kreativitas yang tentunya dapat menumbuhkan
kreativitas anak dengan melalui metode bermain agar anak merasa senang, Di sini
anak-anak mempraktekkan permainan-permainan yaitu seperti permainan sentra
balok, sentra seni, sentra musik yang menghasilkan bermacam-macam bentuk
kreativitas contohnya membuat mobil dengan memanfaatkan botol minuman dan
lain-lain, sehingga membuat mereka larut dalam imajinasi masing-masing. Dan
terciptalah karya-karya mereka dengan bentuk dan hasil yang bervariasi. Anakanak
merasa senang dan bangga dengan hasil karyanya sendiri dan merekapun
menunjukkan kepada teman, guru dan orang tuanya, bahwa mereka mampu
menghasilkan karya dengan kreativitasnya melalui metode bermain. |
id |
IOS2761.750 |
institution |
IAIN Pekalongan |
institution_id |
324 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Pekalongan |
library_id |
236 |
collection |
STAIN Pekalongan Electronic Local Content |
repository_id |
2761 |
subject_area |
Agama Ekonomi Hukum |
city |
PEKALONGAN |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2761 |
first_indexed |
2016-10-05T06:44:39Z |
last_indexed |
2016-10-05T06:44:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765831026020450304 |
score |
17.538404 |