ctrlnum 613
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/</relation><title>PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN TA&#x1E25;FI&#x1E93;UL QUR&#x2019;AN DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH PEKALONGAN</title><creator>Farida, Nur</creator><subject>130105 Primary Education</subject><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><subject>130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified</subject><description>Kitab suci al-Qur&#x2019;an yang penuh dengan segala kemuliaannya yang menunjukkan kepada ketinggian ciptaan Allah itu mendorong manusia muslim untuk memikirkan tentang segala yang diciptakan-Nya dalam alam semesta yang penuh dengan keajaiban tanda-tanda kebesaran-Nya. Untuk dapat menjaga kelestarian al-Qur&#x2019;an dibutuhkan generasi muda yang berjiwa Qur&#x2019;ani. SD al-Irsyad al-Islamiyyah adalah salah satu SD yang berbasic Islami yang berlokasi di kota Pekalongan, di mana SD tersebut tidak hanya mengedepankan pendidikan formalnya saja, melainkan juga mengedepankan pendidikan Islamnya. Salah satu program dari pendidikan Islamnya adalah program ta&#x1E25;fi&#x1E93;ul qur&#x2019;an di mana program tersebut menjadi program unggulan yang bertujuan untuk menciptakan generasi qur&#x2019;ani.&#xD; Rumusan Masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program pembelajaran ta&#x1E25;fi&#x1E93;ul qur&#x2019;an di SD al-Irsyad al-Islamiyyah Pekalongan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program pembelajaran ta&#x1E25;fi&#x1E93;ul qur&#x2019;an di SD al-Irsyad al-Islamiyyah Pekalongan.&#xD; Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dilakukan terhadap data yang berupa informasi, uraian dalam bentuk bahasa prosa kemudian dikaitkan dengan data lainnya untuk mendapatkan kejelasan terhadap suatu kebenaran, sehingga memperoleh gambaran baru atau pun menguatkan suatu gambaran yang sudah ada.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi yang dicapai oleh setiap siswa berbeda. Dari jumlah keseluruhan siswa 234 anak, sebagian besar anak memenuhi target dan tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum. 26 siswa telah hafal juz 30, 16 siswa telah hafal sampai juz 29 dan 2 siswa telah hafal sampai juz 28, sementara yang lainnya masih dalam proses menghafal juz 30 sesuai dengan tingkat hafalannya. Namun demikian terdapat beberapa siswa yang masih membutuhkan bimbingan yang lebih intensif. Mengingat bahwa menghafal al-Qur&#x2019;an di SD al-Irsyad al-Islamiyyah Pekalongan bukan dimaksudkan untuk menghafal al-Qur&#x2019;an secara keseluruhan (30 juz), melainkan sebagai dasar hafalan al-Qur&#x2019;an yang dibutuhkan secara langsung untuk bacaan solat dan do&#x2019;a, maka dapat peneliti simpulkan bahwa prestasi yang diraih dalam pembelajaran ta&#x1E25;fi&#x1E93;ul qur&#x2019;an di SD al-Irsyad al-Islamiyyah Pekalongan sudah cukup baik karena telah melebihi target yang telah ditentukan dalam kurikulum pembelajaran ta&#x1E25;fi&#x1E93;ul qur&#x2019;an.</description><date>2015-09-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/1/1.%20COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/2/2.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/3/3.%20NOTA%20DINAS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/4/4.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/5/8.%20%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/6/10.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/7/11.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/8/12.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/9/13.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/10/14.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/11/15.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/12/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Farida, Nur (2015) PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN TA&#x1E25;FI&#x1E93;UL QUR&#x2019;AN DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>613</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Farida, Nur
title PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN TAḥFIẓUL QUR’AN DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH PEKALONGAN
publishDate 2015
topic 130105 Primary Education
130211 Religion Curriculum and Pedagogy
130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/1/1.%20COVER%20SKRIPSI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/2/2.%20PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/3/3.%20NOTA%20DINAS.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/4/4.%20PENGESAHAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/5/8.%20%20ABSTRAK.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/6/10.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/7/11.%20BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/8/12.%20BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/9/13.%20BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/10/14.%20BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/11/15.%20BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/12/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/613/
http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/
contents Kitab suci al-Qur’an yang penuh dengan segala kemuliaannya yang menunjukkan kepada ketinggian ciptaan Allah itu mendorong manusia muslim untuk memikirkan tentang segala yang diciptakan-Nya dalam alam semesta yang penuh dengan keajaiban tanda-tanda kebesaran-Nya. Untuk dapat menjaga kelestarian al-Qur’an dibutuhkan generasi muda yang berjiwa Qur’ani. SD al-Irsyad al-Islamiyyah adalah salah satu SD yang berbasic Islami yang berlokasi di kota Pekalongan, di mana SD tersebut tidak hanya mengedepankan pendidikan formalnya saja, melainkan juga mengedepankan pendidikan Islamnya. Salah satu program dari pendidikan Islamnya adalah program taḥfiẓul qur’an di mana program tersebut menjadi program unggulan yang bertujuan untuk menciptakan generasi qur’ani. Rumusan Masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program pembelajaran taḥfiẓul qur’an di SD al-Irsyad al-Islamiyyah Pekalongan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program pembelajaran taḥfiẓul qur’an di SD al-Irsyad al-Islamiyyah Pekalongan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dilakukan terhadap data yang berupa informasi, uraian dalam bentuk bahasa prosa kemudian dikaitkan dengan data lainnya untuk mendapatkan kejelasan terhadap suatu kebenaran, sehingga memperoleh gambaran baru atau pun menguatkan suatu gambaran yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi yang dicapai oleh setiap siswa berbeda. Dari jumlah keseluruhan siswa 234 anak, sebagian besar anak memenuhi target dan tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum. 26 siswa telah hafal juz 30, 16 siswa telah hafal sampai juz 29 dan 2 siswa telah hafal sampai juz 28, sementara yang lainnya masih dalam proses menghafal juz 30 sesuai dengan tingkat hafalannya. Namun demikian terdapat beberapa siswa yang masih membutuhkan bimbingan yang lebih intensif. Mengingat bahwa menghafal al-Qur’an di SD al-Irsyad al-Islamiyyah Pekalongan bukan dimaksudkan untuk menghafal al-Qur’an secara keseluruhan (30 juz), melainkan sebagai dasar hafalan al-Qur’an yang dibutuhkan secara langsung untuk bacaan solat dan do’a, maka dapat peneliti simpulkan bahwa prestasi yang diraih dalam pembelajaran taḥfiẓul qur’an di SD al-Irsyad al-Islamiyyah Pekalongan sudah cukup baik karena telah melebihi target yang telah ditentukan dalam kurikulum pembelajaran taḥfiẓul qur’an.
id IOS2761.613
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:34Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:34Z
recordtype dc
_version_ 1765831024906862592
score 17.538404