Daftar Isi:
  • Keberhasilan dalam bidang pendidikan dan pengajaran dapat dilihat dari prestasi belajar siswa. Prestasi belajar yang dicapai siswa dipengaruhi banyak hal. Di samping dipengaruhi faktor yang berasal dari dalam diri individu seperti: faktor kematangan, kecerdasan, latihan, motivasi dan lain-lain, juga dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari luar individu seperti: faktor keluarga, guru dan cara mengajarnya, alat-alat yang digunakan dalam belajar mengajar, lingkungan dan kesempatan yang tersedia dan sebagainya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana profesionalitas guru dalam pembelajaran di MI Salafiyah Beji Tulis Batang? Bagaimana prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang? Bagaimana hubungan profesionalitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan profesionalitas guru dalam pembelajaran di MI Salafiyah Beji Tulis Batang, untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang, untuk mendeskripsikan hubungan profesionalitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang. Kegunaan penelitian adalah sebagai bahan masukan bagi instansi terkait mengenai hambatan-hambatan dan kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya di MI Salafiyah Beji Tulis Batang. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Profesionalitas guru dalam pembelajaran di MI Salafiyah Beji Tulis Batang adalah sangat baik. Kedua, Prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang adalah baik. Ketiga, Ada hubungan yang cukup signifikan antara hubungan profesionalitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang. Setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa nilai xy r sebesar 0,466, dalam pedoman interpretasi nilai r terletak pada interval 0,410 – 0,700, sehingga dapat disimpulkan bahwa antar variabel yang dikorelasikan terdapat hubungan positif yang cukup atau sedang. Peneliti menguji hasil penelitian tersebut pada taraf kesalahan 5 % dan 1%. Pada tingkat kesalahan 5 % t r = 0,279, berarti 0,466 > 0,355, rxy > t r , maka o H ditolak, a H diterima. Pada tingkat kesalahan 1 % t r = 0,361, berarti 0,466 > 0,361 rxy > t r , maka o H ditolak, a H diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa baik penghitungan pada tingkat kesalahan 5 % dan 1 % memiliki interpretasi sama yakni antara profesionalitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang terdapat hubungan positif yang signifikan. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima kebenarannya.