ctrlnum 203
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/</relation><title>Hubungan Profesionalitas Guru Dalam Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang.</title><creator>Riyanto, Priyo</creator><subject>130101 Continuing and Community Education</subject><subject>130102 Early Childhood Education</subject><subject>130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development</subject><subject>130313 Teacher Education and Professional Development of Educators</subject><description>Keberhasilan dalam bidang pendidikan dan pengajaran dapat dilihat dari&#xD; prestasi belajar siswa. Prestasi belajar yang dicapai siswa dipengaruhi banyak hal.&#xD; Di samping dipengaruhi faktor yang berasal dari dalam diri individu seperti:&#xD; faktor kematangan, kecerdasan, latihan, motivasi dan lain-lain, juga dipengaruhi&#xD; oleh faktor yang berasal dari luar individu seperti: faktor keluarga, guru dan cara&#xD; mengajarnya, alat-alat yang digunakan dalam belajar mengajar, lingkungan dan&#xD; kesempatan yang tersedia dan sebagainya.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana profesionalitas&#xD; guru dalam pembelajaran di MI Salafiyah Beji Tulis Batang? Bagaimana prestasi&#xD; belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang? Bagaimana hubungan&#xD; profesionalitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa di MI&#xD; Salafiyah Beji Tulis Batang?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan&#xD; profesionalitas guru dalam pembelajaran di MI Salafiyah Beji Tulis Batang, untuk&#xD; mendeskripsikan prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang, untuk&#xD; mendeskripsikan hubungan profesionalitas guru dalam pembelajaran dengan&#xD; prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang. Kegunaan penelitian&#xD; adalah sebagai bahan masukan bagi instansi terkait mengenai hambatan-hambatan&#xD; dan kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya di MI&#xD; Salafiyah Beji Tulis Batang.&#xD; Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan&#xD; pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode&#xD; pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket dan dokumentasi.&#xD; Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus korelasi product&#xD; moment.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Profesionalitas guru dalam&#xD; pembelajaran di MI Salafiyah Beji Tulis Batang adalah sangat baik. Kedua,&#xD; Prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang adalah baik. Ketiga, Ada&#xD; hubungan yang cukup signifikan antara hubungan profesionalitas guru dalam&#xD; pembelajaran dengan prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang.&#xD; Setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa nilai xy r sebesar 0,466, dalam&#xD; pedoman interpretasi nilai r terletak pada interval 0,410 &#x2013; 0,700, sehingga dapat&#xD; disimpulkan bahwa antar variabel yang dikorelasikan terdapat hubungan positif&#xD; yang cukup atau sedang. Peneliti menguji hasil penelitian tersebut pada taraf&#xD; kesalahan 5 % dan 1%. Pada tingkat kesalahan 5 % t r = 0,279, berarti 0,466 &gt;&#xD; 0,355, rxy &gt; t r , maka o H ditolak, a H diterima. Pada tingkat kesalahan 1 % t r =&#xD; 0,361, berarti 0,466 &gt; 0,361 rxy &gt; t r , maka o H ditolak, a H diterima. Jadi dapat&#xD; disimpulkan bahwa baik penghitungan pada tingkat kesalahan 5 % dan 1 %&#xD; memiliki interpretasi sama yakni antara profesionalitas guru dalam pembelajaran&#xD; dengan prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang terdapat&#xD; hubungan positif yang signifikan. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan&#xD; dapat diterima kebenarannya.</description><date>2015-01-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/1/1.cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/2/2.%20pernyataan%20keaslian.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/3/3.%20nota%20pembimbing.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/4/4.%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/5/9.D%20A%20F%20T%20A%20R%20%20%20I%20S%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/6/10.Priyo%20Riyanto%20%28Bab%20I%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/7/11.Priyo%20Riyanto%20%28Bab%20II%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/8/12.Priyo%20Riyanto%20%28Bab%20III%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/9/13.Priyo%20Riyanto%20%28Bab%20IV%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/10/14.Priyo%20Riyanto%20%28Bab%20V%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/11/15.DAFTAR%20%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Riyanto, Priyo (2015) Hubungan Profesionalitas Guru Dalam Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://www.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>203</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Riyanto, Priyo
title Hubungan Profesionalitas Guru Dalam Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang
publishDate 2015
topic 130101 Continuing and Community Education
130102 Early Childhood Education
130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/1/1.cover.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/2/2.%20pernyataan%20keaslian.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/3/3.%20nota%20pembimbing.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/4/4.%20Pengesahan.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/5/9.D%20A%20F%20T%20A%20R%20%20%20I%20S%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/6/10.Priyo%20Riyanto%20%28Bab%20I%29.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/7/11.Priyo%20Riyanto%20%28Bab%20II%29.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/8/12.Priyo%20Riyanto%20%28Bab%20III%29.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/9/13.Priyo%20Riyanto%20%28Bab%20IV%29.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/10/14.Priyo%20Riyanto%20%28Bab%20V%29.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/11/15.DAFTAR%20%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/203/
http://www.stain-pekalongan.ac.id/
contents Keberhasilan dalam bidang pendidikan dan pengajaran dapat dilihat dari prestasi belajar siswa. Prestasi belajar yang dicapai siswa dipengaruhi banyak hal. Di samping dipengaruhi faktor yang berasal dari dalam diri individu seperti: faktor kematangan, kecerdasan, latihan, motivasi dan lain-lain, juga dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari luar individu seperti: faktor keluarga, guru dan cara mengajarnya, alat-alat yang digunakan dalam belajar mengajar, lingkungan dan kesempatan yang tersedia dan sebagainya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana profesionalitas guru dalam pembelajaran di MI Salafiyah Beji Tulis Batang? Bagaimana prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang? Bagaimana hubungan profesionalitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan profesionalitas guru dalam pembelajaran di MI Salafiyah Beji Tulis Batang, untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang, untuk mendeskripsikan hubungan profesionalitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang. Kegunaan penelitian adalah sebagai bahan masukan bagi instansi terkait mengenai hambatan-hambatan dan kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya di MI Salafiyah Beji Tulis Batang. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Profesionalitas guru dalam pembelajaran di MI Salafiyah Beji Tulis Batang adalah sangat baik. Kedua, Prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang adalah baik. Ketiga, Ada hubungan yang cukup signifikan antara hubungan profesionalitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang. Setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa nilai xy r sebesar 0,466, dalam pedoman interpretasi nilai r terletak pada interval 0,410 – 0,700, sehingga dapat disimpulkan bahwa antar variabel yang dikorelasikan terdapat hubungan positif yang cukup atau sedang. Peneliti menguji hasil penelitian tersebut pada taraf kesalahan 5 % dan 1%. Pada tingkat kesalahan 5 % t r = 0,279, berarti 0,466 > 0,355, rxy > t r , maka o H ditolak, a H diterima. Pada tingkat kesalahan 1 % t r = 0,361, berarti 0,466 > 0,361 rxy > t r , maka o H ditolak, a H diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa baik penghitungan pada tingkat kesalahan 5 % dan 1 % memiliki interpretasi sama yakni antara profesionalitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang terdapat hubungan positif yang signifikan. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima kebenarannya.
id IOS2761.203
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:18Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:18Z
recordtype dc
_version_ 1765831021925761024
score 17.538404