Urgensi Metode Bercerita dalam Memotivasi Belajar Anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan
Daftar Isi:
- TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni sebagai salah satu satuan pendidikan prasekolah yang menjadi tempat penelitian berkenaan dengan metode pembelajaran dengan bercerita. Karena pengembangan metode bercerita menjadi alternatif terbaik dalam kegiatan pendidikan di tingkat Taman Kanak-kanak (TK) yang dilakukan oleh guru kepada anak didik dalam menyampaikan materi pembelajaran yang diminati anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana pelaksanaan metode bercerita bagi anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan? (2) Bagaimana motivasi belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan? dan (3) Bagaimana urgensi metode bercerita dalam memotivasi belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan?. Tujuannya adalah untuk mengetahui (1) pelaksanaan metode bercerita bagi anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan? (2) Motivasi belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan? dan (3) Urgensi metode bercerita dalam memotivasi belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan. Jenis penelitian dari penulisan ini adalah penelitian lapangan. Di mana penelitian yang digunakan adalah kancah kehidupan yang sebenarnya. Sedangkan pendekatannya dengan kualitatif yaitu suatu pendekatan dalam penelitian yang menekankan analisisnya pada penarikan kesimpulan dengan pernyataan. Metode atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan melakukan analisis kesmpulan dari observasi dan wawancara. Pelaksanaan metode bercerita bagi anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan pelaksanaan metode bercerita bagi anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan dilakukan dalam penyampaian tema-tema belajar yang menjadi materi dalam proses belajar mengajar bagi anak-anak didik di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan yang memiliki tujuan untuk melatih dan memahami materi pelajaran juga melahirkan nilai-nilai karakter yang terpuji bagi anak-anak didik. Belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan harus mampu dimengerti dan diterjemahkan oleh para guru selaku pendidik di satuan pendidikan tersebut. Urgensi metode bercerita dalam memotivasi belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan dapat merangsang minat dan kemauan belajar anak didik. Setiap guru yang mengembangkan pembelajaran dengan metode bercerita tersebut harus mampu mengetahui perkembangan psikologis dan tingkat kemampuan anak didik dalam menyerap pesan-pesan yang disampaikan dalam cerita tersebut sehingga anak-anak dapat termotivasi untuk lebih semangat dalam belajar. Sehingga anak-anak memiliki kemauan yang kuat untuk belajar.