ctrlnum 197
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/</relation><title>Urgensi Metode Bercerita dalam Memotivasi Belajar Anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan</title><creator>Fatkha, Nur</creator><subject>130101 Continuing and Community Education</subject><subject>130102 Early Childhood Education</subject><subject>130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development</subject><subject>130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified</subject><description>TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni sebagai salah satu satuan pendidikan prasekolah yang menjadi tempat penelitian berkenaan dengan metode pembelajaran dengan bercerita. Karena pengembangan metode bercerita menjadi alternatif terbaik dalam kegiatan pendidikan di tingkat Taman Kanak-kanak (TK) yang dilakukan oleh guru kepada anak didik dalam menyampaikan materi pembelajaran yang diminati anak.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana pelaksanaan metode bercerita bagi anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan? (2) Bagaimana motivasi belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan? dan (3) Bagaimana urgensi metode bercerita dalam memotivasi belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan?. Tujuannya adalah untuk mengetahui (1) pelaksanaan metode bercerita bagi anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan? (2) Motivasi belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan? dan (3) Urgensi metode bercerita dalam memotivasi belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan.&#xD; Jenis penelitian dari penulisan ini adalah penelitian lapangan. Di mana penelitian yang digunakan adalah kancah kehidupan yang sebenarnya. Sedangkan pendekatannya dengan kualitatif yaitu suatu pendekatan dalam penelitian yang menekankan analisisnya pada penarikan kesimpulan dengan pernyataan. Metode atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan melakukan analisis kesmpulan dari observasi dan wawancara.&#xD; Pelaksanaan metode bercerita bagi anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan pelaksanaan metode bercerita bagi anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan dilakukan dalam penyampaian tema-tema belajar yang menjadi materi dalam proses belajar mengajar bagi anak-anak didik di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan yang memiliki tujuan untuk melatih dan memahami materi pelajaran juga melahirkan nilai-nilai karakter yang terpuji bagi anak-anak didik. Belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan harus mampu dimengerti dan diterjemahkan oleh para guru selaku pendidik di satuan pendidikan tersebut. Urgensi metode bercerita dalam memotivasi belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan dapat merangsang minat dan kemauan belajar anak didik. Setiap guru yang mengembangkan pembelajaran dengan metode bercerita tersebut harus mampu mengetahui perkembangan psikologis dan tingkat kemampuan anak didik dalam menyerap pesan-pesan yang disampaikan dalam cerita tersebut sehingga anak-anak dapat termotivasi untuk lebih semangat dalam belajar. Sehingga anak-anak memiliki kemauan yang kuat untuk belajar.</description><date>2015-01-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/1/1.cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/2/2.PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/3/3.NOTA%20DINAS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/4/4.PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/5/9.DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/6/10.Bab%20I%20%20Nur%20Fatkha.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/7/11.BAB%20II%20Nur%20Fatkha.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/8/12.BAB%20III.Bu%20Nur%20Fatkha%20doc.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/9/13.BAB%20IV%20bU%20Nur%20Fatkha.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/10/14.BAB%20V%20Bu%20Nur%20Fatkha.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/11/15.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Fatkha, Nur (2015) Urgensi Metode Bercerita dalam Memotivasi Belajar Anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://www.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>197</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fatkha, Nur
title Urgensi Metode Bercerita dalam Memotivasi Belajar Anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan
publishDate 2015
topic 130101 Continuing and Community Education
130102 Early Childhood Education
130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/1/1.cover.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/2/2.PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/3/3.NOTA%20DINAS.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/4/4.PENGESAHAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/5/9.DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/6/10.Bab%20I%20%20Nur%20Fatkha.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/7/11.BAB%20II%20Nur%20Fatkha.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/8/12.BAB%20III.Bu%20Nur%20Fatkha%20doc.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/9/13.BAB%20IV%20bU%20Nur%20Fatkha.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/10/14.BAB%20V%20Bu%20Nur%20Fatkha.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/11/15.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/197/
http://www.stain-pekalongan.ac.id/
contents TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni sebagai salah satu satuan pendidikan prasekolah yang menjadi tempat penelitian berkenaan dengan metode pembelajaran dengan bercerita. Karena pengembangan metode bercerita menjadi alternatif terbaik dalam kegiatan pendidikan di tingkat Taman Kanak-kanak (TK) yang dilakukan oleh guru kepada anak didik dalam menyampaikan materi pembelajaran yang diminati anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana pelaksanaan metode bercerita bagi anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan? (2) Bagaimana motivasi belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan? dan (3) Bagaimana urgensi metode bercerita dalam memotivasi belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan?. Tujuannya adalah untuk mengetahui (1) pelaksanaan metode bercerita bagi anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan? (2) Motivasi belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan? dan (3) Urgensi metode bercerita dalam memotivasi belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan. Jenis penelitian dari penulisan ini adalah penelitian lapangan. Di mana penelitian yang digunakan adalah kancah kehidupan yang sebenarnya. Sedangkan pendekatannya dengan kualitatif yaitu suatu pendekatan dalam penelitian yang menekankan analisisnya pada penarikan kesimpulan dengan pernyataan. Metode atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan melakukan analisis kesmpulan dari observasi dan wawancara. Pelaksanaan metode bercerita bagi anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan pelaksanaan metode bercerita bagi anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan dilakukan dalam penyampaian tema-tema belajar yang menjadi materi dalam proses belajar mengajar bagi anak-anak didik di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan yang memiliki tujuan untuk melatih dan memahami materi pelajaran juga melahirkan nilai-nilai karakter yang terpuji bagi anak-anak didik. Belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan harus mampu dimengerti dan diterjemahkan oleh para guru selaku pendidik di satuan pendidikan tersebut. Urgensi metode bercerita dalam memotivasi belajar anak di TK Muslimat Tangkil Kulon Kedungwuni Pekalongan dapat merangsang minat dan kemauan belajar anak didik. Setiap guru yang mengembangkan pembelajaran dengan metode bercerita tersebut harus mampu mengetahui perkembangan psikologis dan tingkat kemampuan anak didik dalam menyerap pesan-pesan yang disampaikan dalam cerita tersebut sehingga anak-anak dapat termotivasi untuk lebih semangat dalam belajar. Sehingga anak-anak memiliki kemauan yang kuat untuk belajar.
id IOS2761.197
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:18Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:18Z
recordtype dc
_version_ 1765831021892206592
score 17.538404