Daftar Isi:
  • Promosi merupakan salah satu bagian dari bauran pemasaran. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sama pentingnya dengan kegiatan bauran pemasaran yang lain. Dalam kegiatan ini setiap BMT berusaha untuk mempromosikan seluruh produk dan jasa yang dimilikinya. Tanpa promosi jangan diharapkan anggota dapat mengenal produk BMT. Oleh karena itu, promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana Penerapan Strategi Promosi Produk Simpanan Serba Guna (SIGUN) di KSPP Syariah SM NU Kantor Cabang Sragi. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui Strategi Promosi Produk Simpanan Serba Guna (SIGUN) di KSPP Syariah SM NU Kantor Cabang Sragi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), maka penulis akan memberikan suatu gambaran mengenai Strategi Promosi SIGUN dalam bentuk kalimat dan paragraf sehingga akan diperoleh suatu kesimpulan berupa uraian tentang Strategi Promosi Produk SIGUN di KSPP Syariah SM NU Kantor Cabang Sragi. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder. Sumber data Primer diperoleh melalui wawancara dengan pihak Kepala Cabang dan Pihak Marketing sedangkan Sumber Data Sekunder diperoleh melalui sumber pustaka berupa jurnal dan buku – buku. Teknik pengumpulan data didapat melalui wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan metode wawancara data diperoleh dari hasil wawancara dengan bagian Kepala Cabang dan Marketing KSPP Syariah SM NU Kantor Cabang Sragi. Untuk metode dokumentasi data yang diperoleh berupa brosur SIGUN dan keterangan dari pihak Kepala Cabang KSPP Syariah SM NU Kantor Cabang Sragi. Analisis data yang digunakan adalah analisa data deskriptif kualitatif. Jadi, strategi promosi yang dilakukan oleh KSPP Syariah SM NU Kantor Cabang Sragi dalam memasarkan produk SIGUN adalah melalui media iklan dengan menyebar brosur. Media Personal Selling dilakukan dengan memberikan fasilitas antar jemput simpanan. Untuk media Promosi penjualan dan media Publisitas belum maksimal dalam penerapannya. Faktor penghambat kegiatan promosi SIGUN di KSPP Syariah SM NU Kantor Cabang Sragi yakni kendala waktu dan kepercayaan nasabah. Pihak marketing terkadang kewalahan dengan banyaknya jumlah anggota SIGUN dan tidak diimbangi dengan jumlah marketing dan waktu. Selain itu, adanya isu tentang lembaga keuangan yang mengatasnamakan BMT mengalami bangkrut dan gulung tikar yang menyebabkan nasabah enggan untuk menabung di KSPP Syariah SM NU Kantor Cabang Sragi.