PENGARUH ORIENTASI PASAR, HARGA JUAL PRODUK, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA INDUSTRI KECIL MEBEL DI PEKALONGAN
Daftar Isi:
- Keunggulan bersaing adalah kumpulan faktor-faktor yang membedakan suatu perusahaan dari pesaingnya dan memberikannya posisi yang unik dalam pasar. Dalam menghadapi persaingan pada industri tertentu, maka perlu adanya keunggulan bersaing agar industri tersebut tetap bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, harga jual produk, dan orientasi kewirausahaan terhadap industri kecil mebel di Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang dibagikan kepada 50 responden yang merupakan pengusaha industri kecil mebel yang terdapat di kota Pekalongan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar dan harga jual produk masing-masing tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada industri kecil mebel di Pekalongan dengan signifikan kurang dari 0,05. Sedangkan variabel orientasi kewirausahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada industri kecil mebel di Pekalongan dengan signifikan lebih dari 0,05. Jika dilihat secara simultan, ketiga variabel bebas tersebut secara bersama-sama berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada industri kecil mebel di Pekalongan.