PENGARUH PRODUK, HARGA, TEMPAT, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH KOPENA KUSUMA BANGSA PEKALONGAN
Daftar Isi:
- KOPENA Kusuma Bangsa Pekalongan perlu mengamati perilaku nasabahnya, karena setiap nasabah mempunyai beberapa pertimbangan untuk mengambil keputusan. KOPENA Kusuma Bangsa Pekalongan yang merupakan lembaga keuangan yang berbasis syariah, produk dan harga harus mengacu kepada nilai-nilai syariat atau yang diperbolehkan dalam Al-Quran. Selain itu tempat koperasi yang strategis dan kegiatan promosi sangatlah penting dalam mempengaruhi keputusan nasabah. Penelitian ini menggunakan metode accidental sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh nasabah KOPENA Kusuma Bangsa Pekalongan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan uji t, menyatakan bahwa produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah, harga dan tempat tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Kemudian Uji F menunjukan bahwa secara simultan produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Hasil analisis koefisien determinasi diketahui bahwa 36,6% variasi keputusan nasabah dapat dijelaskan oleh produk, harga, tempat dan promosi sedangkan sisanya 63,4% dijelaskan oleh variabel independen lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.