EKSPERIMENTASI MODEL PROBLEM POSSING DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP ( PENELITIAN EKSPERIMEN )

Main Author: Nyoto, NIM.: 07600005
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54945/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54945/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54945/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan yang signifikan dalam keaktifan antara siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan model problem possing disertai strategi think talk write dan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori. (2) mengetahui perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan model problem possing disertai strategi think talk write dan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yang diambil secara teknik simple class random sampling (yang diacak kelasnya bukan siswanya) yaitu diperoleh kelas VIII J sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I sebagai kelas kontrol. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah nilai formal nilai pretest dan posttest. Nilai pretest dan posttest ini di analisis menggunakan uji t dengan bantuan software SPSS 16.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata normal postest kemampuan berpikir kreatif siswa, angket keaktifan serta lembar observasi keaktifan siswa pada kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol.