MANAJEMEN KRISIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KBIHU YAYASAN ASSALAMAH PEKALONGAN TAHUN 2020-2021)
Main Author: | Muhammad Kurniawan, NIM.: 18102040015 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53204/1/18102040015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53204/2/18102040015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53204/ |
ctrlnum |
53204 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53204/</relation><title>MANAJEMEN KRISIS PADA MASA PANDEMI COVID-19
(STUDI KASUS KBIHU YAYASAN ASSALAMAH PEKALONGAN TAHUN 2020-2021)</title><creator>Muhammad Kurniawan, NIM.: 18102040015</creator><subject>Covid-19</subject><subject>Manajemen Perusahaan</subject><description>KBIHU Yayasan Assalamah Pekalongan sedang dilanda krisis akibat
Pandemi Covid-19. Oleh karenanya KBIHU harus mampu keluar dari krisis yang
ada. Sehingga diperlukan manajemen krisis. Dalam penelitian ini manajemen krisis
diperlukan untuk mengatasi krisis yang ada agar KBIHU masih tetap terjaga
eksistensinya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran humas dalam
mengembalikan citra perusahaan dan untuk mengetahui manajemen krisis yang
dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi pandemi Covid-19.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen krisis
dari Fearn-Banks sebagaimana dikutip Prayudi. Manajemen krisis merupakan suatu
proses perencanaan strategis terhadap krisis atau titik balik negatif atau sebuah
proses yang mengubah beberapa resiko dan ketidakpastian dari keadaan negatif dan
berusaha agar organisasi dapat mengendalikan sendiri aktivitasnya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah metode Miles dan Huberman, yaitu koleksi data, redaksi data,
dan penyajian data. Sedangkan teknik dalam menguji keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen krisis yang
dilakukan KBIHU Yayasan Assalamah Pekalongan sudah baik. Hal ini terbukti
bahwa perusahaan masih bisa bertahan meskipun hampir pailit dan tidak ada
pengurangan karyawan. Tim manajemen krisis telah bertanggung jawab
melaksanakan tugasnya menangani krisis yang terjadi. KBIHU juga bekerja sama
dengan berbagai pihak seperti lembaga keuangan dan lembaga pers. Setiap
perusahaan akan senantiasa mengedepankan kualitas produk maupun jasanya.
KBIHU meningkatknya kualitas jasanya dengan menyusun rencana jangka panjang
mereka seperti mencari agen-agen di luar kota untuk melebarkan sayapnya.</description><date>2022-08-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53204/1/18102040015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53204/2/18102040015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf</identifier><identifier> Muhammad Kurniawan, NIM.: 18102040015 (2022) MANAJEMEN KRISIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KBIHU YAYASAN ASSALAMAH PEKALONGAN TAHUN 2020-2021). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. </identifier><recordID>53204</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Muhammad Kurniawan, NIM.: 18102040015 |
title |
MANAJEMEN KRISIS PADA MASA PANDEMI COVID-19
(STUDI KASUS KBIHU YAYASAN ASSALAMAH PEKALONGAN TAHUN 2020-2021) |
publishDate |
2022 |
isbn |
18102040015 |
topic |
Covid-19 Manajemen Perusahaan |
url |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53204/1/18102040015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53204/2/18102040015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53204/ |
contents |
KBIHU Yayasan Assalamah Pekalongan sedang dilanda krisis akibat
Pandemi Covid-19. Oleh karenanya KBIHU harus mampu keluar dari krisis yang
ada. Sehingga diperlukan manajemen krisis. Dalam penelitian ini manajemen krisis
diperlukan untuk mengatasi krisis yang ada agar KBIHU masih tetap terjaga
eksistensinya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran humas dalam
mengembalikan citra perusahaan dan untuk mengetahui manajemen krisis yang
dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi pandemi Covid-19.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen krisis
dari Fearn-Banks sebagaimana dikutip Prayudi. Manajemen krisis merupakan suatu
proses perencanaan strategis terhadap krisis atau titik balik negatif atau sebuah
proses yang mengubah beberapa resiko dan ketidakpastian dari keadaan negatif dan
berusaha agar organisasi dapat mengendalikan sendiri aktivitasnya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah metode Miles dan Huberman, yaitu koleksi data, redaksi data,
dan penyajian data. Sedangkan teknik dalam menguji keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen krisis yang
dilakukan KBIHU Yayasan Assalamah Pekalongan sudah baik. Hal ini terbukti
bahwa perusahaan masih bisa bertahan meskipun hampir pailit dan tidak ada
pengurangan karyawan. Tim manajemen krisis telah bertanggung jawab
melaksanakan tugasnya menangani krisis yang terjadi. KBIHU juga bekerja sama
dengan berbagai pihak seperti lembaga keuangan dan lembaga pers. Setiap
perusahaan akan senantiasa mengedepankan kualitas produk maupun jasanya.
KBIHU meningkatknya kualitas jasanya dengan menyusun rencana jangka panjang
mereka seperti mencari agen-agen di luar kota untuk melebarkan sayapnya. |
id |
IOS2755.53204 |
institution |
UIN Sunan Kalijaga |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
319 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga |
library_id |
261 |
collection |
Digital Library UIN Sunan Kalijaga |
repository_id |
2755 |
subject_area |
Pendidikan Agama Akuntansi Ilmu Sosial dan Humaniora |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS2755 |
first_indexed |
2023-02-24T21:29:01Z |
last_indexed |
2023-02-24T21:29:01Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765822821329534976 |
score |
17.538404 |