PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH SIDOARUM TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: Mulya Hasanah, 17204010112
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/1/17204010112_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/2/17204010112_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/
ctrlnum 41122
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING&#xD; TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR&#xD; DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV DI SD&#xD; MUHAMMADIYAH SIDOARUM TAHUN AJARAN 2018/2019</title><creator>Mulya Hasanah, 17204010112</creator><subject>Pendidikan Bahasa Arab</subject><description>Mulya Hasanah. 2019. &#x201C;Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning&#xD; Teams Games Tournament (TGT) terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar&#xD; Bahasa Arab Siswa Kelas IV di SD Muhammadiyah Sidoarum Tahun Ajaran&#xD; 2018/2019&#x201D;. Tesis. Program Magister UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.&#xD; Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative&#xD; learning Team Game Tournament (TGT) terhadap minat belajar dan prestasi belajar&#xD; bahasa Arab siswa kelas IV. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan&#xD; bentuk desain eksperimen pre-eksperimental designs one-shot case study dengan&#xD; jenis pendekatan yaitu kuantitatif deskriptif dan teknik pengambilan sampel dengan&#xD; pengambilan menurut jumlah (quota sampling) yaitu sebanyak 29 siswa. Instrumen&#xD; yang digunakan yaitu kuesioner dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan&#xD; observasi (pengamatan), interview, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini&#xD; menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative&#xD; learning Team Game Tournament (TGT) terhadap minat dan prestasi belajar siswa&#xD; kelas IV SD Muhammadiyah Sidoarum. Analisis perhitungan hasil data sebelum dan&#xD; setelah dilakukannya eksperimen dalam penelitian ini yaitu: (1) hasil uji hipotesis&#xD; minat belajar, data perhitungan variabel minat belajar diperoleh besarnya koefisien&#xD; perbedaan rata-rata sebesar 3,517 dibulatkan menjadi 3,52 (119,86 &#x2012; 116,34 = 3,52)&#xD; dengan besarnya koefisien korelasi dari data yang dipasangkan antara keduanya&#xD; sebesar 0,783, yang berarti memberikan kontribusi perubahan sebesar 78,3%&#xD; menunjukkan bahwa memiliki pengaruh signifikan. (2) hasil uji hipotesis prestasi&#xD; belajar, data perhitungan variabel prestasi belajar diperoleh besarnya koefisien&#xD; perbedaan rata-rata sebesar 26,759 dibulatkan menjadi 26,75 (73,28 &#x2012; 46,52 = 26,76)&#xD; dengan besarnya koefisien korelasi dari data yang dipasangkan antara keduanya&#xD; sebesar 0,508, yang berarti memberikan konstribusi perubahan sebesar 50,8%&#xD; menunjukkan bahwa memiliki pengaruh signifikan. Hasil instrumen observasi&#xD; setelah perlakuan menunjukkan hasil sebesar keinginan pengaplikasian model&#xD; pembelajaran ini sebesar 97.70%.</description><date>2019-05-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/1/17204010112_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/2/17204010112_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf</identifier><identifier> Mulya Hasanah, 17204010112 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH SIDOARUM TAHUN AJARAN 2018/2019. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. </identifier><recordID>41122</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mulya Hasanah, 17204010112
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH SIDOARUM TAHUN AJARAN 2018/2019
publishDate 2019
isbn 17204010112
topic Pendidikan Bahasa Arab
url http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/1/17204010112_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/2/17204010112_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/
contents Mulya Hasanah. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Teams Games Tournament (TGT) terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IV di SD Muhammadiyah Sidoarum Tahun Ajaran 2018/2019”. Tesis. Program Magister UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning Team Game Tournament (TGT) terhadap minat belajar dan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas IV. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk desain eksperimen pre-eksperimental designs one-shot case study dengan jenis pendekatan yaitu kuantitatif deskriptif dan teknik pengambilan sampel dengan pengambilan menurut jumlah (quota sampling) yaitu sebanyak 29 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), interview, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning Team Game Tournament (TGT) terhadap minat dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sidoarum. Analisis perhitungan hasil data sebelum dan setelah dilakukannya eksperimen dalam penelitian ini yaitu: (1) hasil uji hipotesis minat belajar, data perhitungan variabel minat belajar diperoleh besarnya koefisien perbedaan rata-rata sebesar 3,517 dibulatkan menjadi 3,52 (119,86 ‒ 116,34 = 3,52) dengan besarnya koefisien korelasi dari data yang dipasangkan antara keduanya sebesar 0,783, yang berarti memberikan kontribusi perubahan sebesar 78,3% menunjukkan bahwa memiliki pengaruh signifikan. (2) hasil uji hipotesis prestasi belajar, data perhitungan variabel prestasi belajar diperoleh besarnya koefisien perbedaan rata-rata sebesar 26,759 dibulatkan menjadi 26,75 (73,28 ‒ 46,52 = 26,76) dengan besarnya koefisien korelasi dari data yang dipasangkan antara keduanya sebesar 0,508, yang berarti memberikan konstribusi perubahan sebesar 50,8% menunjukkan bahwa memiliki pengaruh signifikan. Hasil instrumen observasi setelah perlakuan menunjukkan hasil sebesar keinginan pengaplikasian model pembelajaran ini sebesar 97.70%.
id IOS2755.41122
institution UIN Sunan Kalijaga
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 319
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga
library_id 261
collection Digital Library UIN Sunan Kalijaga
repository_id 2755
subject_area Pendidikan
Agama
Akuntansi
Ilmu Sosial dan Humaniora
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2755
first_indexed 2020-10-12T05:46:18Z
last_indexed 2020-10-12T05:46:18Z
recordtype dc
_version_ 1765822640766844928
score 17.538404