PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH SIDOARUM TAHUN AJARAN 2018/2019
Main Author: | Mulya Hasanah, 17204010112 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/1/17204010112_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/2/17204010112_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/ |
ctrlnum |
41122 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING
TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR
DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV DI SD
MUHAMMADIYAH SIDOARUM TAHUN AJARAN 2018/2019</title><creator>Mulya Hasanah, 17204010112</creator><subject>Pendidikan Bahasa Arab</subject><description>Mulya Hasanah. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning
Teams Games Tournament (TGT) terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar
Bahasa Arab Siswa Kelas IV di SD Muhammadiyah Sidoarum Tahun Ajaran
2018/2019”. Tesis. Program Magister UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative
learning Team Game Tournament (TGT) terhadap minat belajar dan prestasi belajar
bahasa Arab siswa kelas IV. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan
bentuk desain eksperimen pre-eksperimental designs one-shot case study dengan
jenis pendekatan yaitu kuantitatif deskriptif dan teknik pengambilan sampel dengan
pengambilan menurut jumlah (quota sampling) yaitu sebanyak 29 siswa. Instrumen
yang digunakan yaitu kuesioner dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi (pengamatan), interview, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative
learning Team Game Tournament (TGT) terhadap minat dan prestasi belajar siswa
kelas IV SD Muhammadiyah Sidoarum. Analisis perhitungan hasil data sebelum dan
setelah dilakukannya eksperimen dalam penelitian ini yaitu: (1) hasil uji hipotesis
minat belajar, data perhitungan variabel minat belajar diperoleh besarnya koefisien
perbedaan rata-rata sebesar 3,517 dibulatkan menjadi 3,52 (119,86 ‒ 116,34 = 3,52)
dengan besarnya koefisien korelasi dari data yang dipasangkan antara keduanya
sebesar 0,783, yang berarti memberikan kontribusi perubahan sebesar 78,3%
menunjukkan bahwa memiliki pengaruh signifikan. (2) hasil uji hipotesis prestasi
belajar, data perhitungan variabel prestasi belajar diperoleh besarnya koefisien
perbedaan rata-rata sebesar 26,759 dibulatkan menjadi 26,75 (73,28 ‒ 46,52 = 26,76)
dengan besarnya koefisien korelasi dari data yang dipasangkan antara keduanya
sebesar 0,508, yang berarti memberikan konstribusi perubahan sebesar 50,8%
menunjukkan bahwa memiliki pengaruh signifikan. Hasil instrumen observasi
setelah perlakuan menunjukkan hasil sebesar keinginan pengaplikasian model
pembelajaran ini sebesar 97.70%.</description><date>2019-05-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/1/17204010112_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/2/17204010112_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf</identifier><identifier> Mulya Hasanah, 17204010112 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH SIDOARUM TAHUN AJARAN 2018/2019. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. </identifier><recordID>41122</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Mulya Hasanah, 17204010112 |
title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING
TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR
DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV DI SD
MUHAMMADIYAH SIDOARUM TAHUN AJARAN 2018/2019 |
publishDate |
2019 |
isbn |
17204010112 |
topic |
Pendidikan Bahasa Arab |
url |
http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/1/17204010112_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/2/17204010112_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/41122/ |
contents |
Mulya Hasanah. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning
Teams Games Tournament (TGT) terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar
Bahasa Arab Siswa Kelas IV di SD Muhammadiyah Sidoarum Tahun Ajaran
2018/2019”. Tesis. Program Magister UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative
learning Team Game Tournament (TGT) terhadap minat belajar dan prestasi belajar
bahasa Arab siswa kelas IV. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan
bentuk desain eksperimen pre-eksperimental designs one-shot case study dengan
jenis pendekatan yaitu kuantitatif deskriptif dan teknik pengambilan sampel dengan
pengambilan menurut jumlah (quota sampling) yaitu sebanyak 29 siswa. Instrumen
yang digunakan yaitu kuesioner dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi (pengamatan), interview, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative
learning Team Game Tournament (TGT) terhadap minat dan prestasi belajar siswa
kelas IV SD Muhammadiyah Sidoarum. Analisis perhitungan hasil data sebelum dan
setelah dilakukannya eksperimen dalam penelitian ini yaitu: (1) hasil uji hipotesis
minat belajar, data perhitungan variabel minat belajar diperoleh besarnya koefisien
perbedaan rata-rata sebesar 3,517 dibulatkan menjadi 3,52 (119,86 ‒ 116,34 = 3,52)
dengan besarnya koefisien korelasi dari data yang dipasangkan antara keduanya
sebesar 0,783, yang berarti memberikan kontribusi perubahan sebesar 78,3%
menunjukkan bahwa memiliki pengaruh signifikan. (2) hasil uji hipotesis prestasi
belajar, data perhitungan variabel prestasi belajar diperoleh besarnya koefisien
perbedaan rata-rata sebesar 26,759 dibulatkan menjadi 26,75 (73,28 ‒ 46,52 = 26,76)
dengan besarnya koefisien korelasi dari data yang dipasangkan antara keduanya
sebesar 0,508, yang berarti memberikan konstribusi perubahan sebesar 50,8%
menunjukkan bahwa memiliki pengaruh signifikan. Hasil instrumen observasi
setelah perlakuan menunjukkan hasil sebesar keinginan pengaplikasian model
pembelajaran ini sebesar 97.70%. |
id |
IOS2755.41122 |
institution |
UIN Sunan Kalijaga |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
319 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga |
library_id |
261 |
collection |
Digital Library UIN Sunan Kalijaga |
repository_id |
2755 |
subject_area |
Pendidikan Agama Akuntansi Ilmu Sosial dan Humaniora |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS2755 |
first_indexed |
2020-10-12T05:46:18Z |
last_indexed |
2020-10-12T05:46:18Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765822640766844928 |
score |
17.538404 |