PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GLAGAHOMBO, MAGELANG SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Disusun oleh: Wulan Mazia Fuadati NIM. 12480029 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2019
Main Author: | Wulan Mazia Fuadati, NIM. 12480029 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/1/12480029_BAB%20I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/2/12480029_BAB%20II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Magelang, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Magelang, dan (3) sumbangan pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Magelang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang sebanyak 30 siswa tahun Ajaran 2017-2018. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai t hitung>t tabel (3,314>2,045), signifikansi 0,003<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,519; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai t hitung>t tabel (2,228>2,045), signifikansi 0,034<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,357; dan (3) terdapat pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai F hitung>F tabel (13,971>3,35) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Hasil uji R2 sebesar 0,509; artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh variabel disiplin belajar dan motivasi belajar sebesar 50,9%, sedangkan sisanya sebesar 49,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.