PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GLAGAHOMBO, MAGELANG SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Disusun oleh: Wulan Mazia Fuadati NIM. 12480029 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2019
Main Author: | Wulan Mazia Fuadati, NIM. 12480029 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/1/12480029_BAB%20I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/2/12480029_BAB%20II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/ |
ctrlnum |
35331 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/</relation><title>PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V
MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GLAGAHOMBO, MAGELANG
SKRIPSI
Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh
Gelar Sarjana Pendidikan
Disusun oleh:
Wulan Mazia Fuadati
NIM. 12480029
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2019</title><creator>Wulan Mazia Fuadati, NIM. 12480029</creator><subject>Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin belajar
terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif
Glagahombo, Magelang, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar
IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Magelang, dan (3)
sumbangan pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar
IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Magelang.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Populasi
pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Ma’arif Glagahombo, Sucen,
Salam, Magelang sebanyak 30 siswa tahun Ajaran 2017-2018. Teknik
pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner yang telah diuji
validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan
signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai t
hitung>t tabel (3,314>2,045), signifikansi 0,003<0,05; dan koefisien regresi
sebesar 0,519; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar
terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo,
Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai t hitung>t tabel (2,228>2,045),
signifikansi 0,034<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,357; dan (3) terdapat
pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas
V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang,
dibuktikan dari nilai F hitung>F tabel (13,971>3,35) dengan nilai signifikansi
0,000<0,05. Hasil uji R2 sebesar 0,509; artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh
variabel disiplin belajar dan motivasi belajar sebesar 50,9%, sedangkan sisanya
sebesar 49,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian
ini.</description><date>2019-01-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/1/12480029_BAB%20I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/2/12480029_BAB%20II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf</identifier><identifier> Wulan Mazia Fuadati, NIM. 12480029 (2019) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GLAGAHOMBO, MAGELANG SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Disusun oleh: Wulan Mazia Fuadati NIM. 12480029 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. </identifier><recordID>35331</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Wulan Mazia Fuadati, NIM. 12480029 |
title |
PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V
MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GLAGAHOMBO, MAGELANG
SKRIPSI
Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh
Gelar Sarjana Pendidikan
Disusun oleh:
Wulan Mazia Fuadati
NIM. 12480029
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2019 |
publishDate |
2019 |
topic |
Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam |
url |
http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/1/12480029_BAB%20I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/2/12480029_BAB%20II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin belajar
terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif
Glagahombo, Magelang, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar
IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Magelang, dan (3)
sumbangan pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar
IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Magelang.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Populasi
pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Ma’arif Glagahombo, Sucen,
Salam, Magelang sebanyak 30 siswa tahun Ajaran 2017-2018. Teknik
pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner yang telah diuji
validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan
signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai t
hitung>t tabel (3,314>2,045), signifikansi 0,003<0,05; dan koefisien regresi
sebesar 0,519; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar
terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo,
Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai t hitung>t tabel (2,228>2,045),
signifikansi 0,034<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,357; dan (3) terdapat
pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas
V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang,
dibuktikan dari nilai F hitung>F tabel (13,971>3,35) dengan nilai signifikansi
0,000<0,05. Hasil uji R2 sebesar 0,509; artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh
variabel disiplin belajar dan motivasi belajar sebesar 50,9%, sedangkan sisanya
sebesar 49,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian
ini. |
id |
IOS2755.35331 |
institution |
UIN Sunan Kalijaga |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
319 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga |
library_id |
261 |
collection |
Digital Library UIN Sunan Kalijaga |
repository_id |
2755 |
subject_area |
Pendidikan Agama Akuntansi Ilmu Sosial dan Humaniora |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS2755 |
first_indexed |
2019-07-02T15:34:35Z |
last_indexed |
2019-07-02T15:34:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765822505109422080 |
score |
17.538404 |