PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GLAGAHOMBO, MAGELANG SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Disusun oleh: Wulan Mazia Fuadati NIM. 12480029 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2019

Main Author: Wulan Mazia Fuadati, NIM. 12480029
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/1/12480029_BAB%20I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/2/12480029_BAB%20II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/
ctrlnum 35331
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/</relation><title>PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V&#xD; MADRASAH IBTIDAIYAH MA&#x2019;ARIF GLAGAHOMBO, MAGELANG&#xD; SKRIPSI&#xD; Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan&#xD; Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta&#xD; Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh&#xD; Gelar Sarjana Pendidikan&#xD; Disusun oleh:&#xD; Wulan Mazia Fuadati&#xD; NIM. 12480029&#xD; PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH&#xD; FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN&#xD; UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA&#xD; YOGYAKARTA&#xD; 2019</title><creator>Wulan Mazia Fuadati, NIM. 12480029</creator><subject>Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin belajar&#xD; terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma&#x2019;arif&#xD; Glagahombo, Magelang, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar&#xD; IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma&#x2019;arif Glagahombo, Magelang, dan (3)&#xD; sumbangan pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar&#xD; IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma&#x2019;arif Glagahombo, Magelang.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Populasi&#xD; pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Ma&#x2019;arif Glagahombo, Sucen,&#xD; Salam, Magelang sebanyak 30 siswa tahun Ajaran 2017-2018. Teknik&#xD; pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner yang telah diuji&#xD; validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan&#xD; signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah&#xD; Ibtidaiyah Ma&#x2019;arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai t&#xD; hitung&gt;t tabel (3,314&gt;2,045), signifikansi 0,003&lt;0,05; dan koefisien regresi&#xD; sebesar 0,519; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar&#xD; terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma&#x2019;arif Glagahombo,&#xD; Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai t hitung&gt;t tabel (2,228&gt;2,045),&#xD; signifikansi 0,034&lt;0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,357; dan (3) terdapat&#xD; pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas&#xD; V Madrasah Ibtidaiyah Ma&#x2019;arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang,&#xD; dibuktikan dari nilai F hitung&gt;F tabel (13,971&gt;3,35) dengan nilai signifikansi&#xD; 0,000&lt;0,05. Hasil uji R2 sebesar 0,509; artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh&#xD; variabel disiplin belajar dan motivasi belajar sebesar 50,9%, sedangkan sisanya&#xD; sebesar 49,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian&#xD; ini.</description><date>2019-01-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/1/12480029_BAB%20I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/2/12480029_BAB%20II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf</identifier><identifier> Wulan Mazia Fuadati, NIM. 12480029 (2019) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA&#x2019;ARIF GLAGAHOMBO, MAGELANG SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Disusun oleh: Wulan Mazia Fuadati NIM. 12480029 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. </identifier><recordID>35331</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wulan Mazia Fuadati, NIM. 12480029
title PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GLAGAHOMBO, MAGELANG SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Disusun oleh: Wulan Mazia Fuadati NIM. 12480029 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2019
publishDate 2019
topic Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
url http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/1/12480029_BAB%20I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/2/12480029_BAB%20II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/35331/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Magelang, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Magelang, dan (3) sumbangan pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Magelang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang sebanyak 30 siswa tahun Ajaran 2017-2018. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai t hitung>t tabel (3,314>2,045), signifikansi 0,003<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,519; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai t hitung>t tabel (2,228>2,045), signifikansi 0,034<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,357; dan (3) terdapat pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai F hitung>F tabel (13,971>3,35) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Hasil uji R2 sebesar 0,509; artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh variabel disiplin belajar dan motivasi belajar sebesar 50,9%, sedangkan sisanya sebesar 49,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
id IOS2755.35331
institution UIN Sunan Kalijaga
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 319
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga
library_id 261
collection Digital Library UIN Sunan Kalijaga
repository_id 2755
subject_area Pendidikan
Agama
Akuntansi
Ilmu Sosial dan Humaniora
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2755
first_indexed 2019-07-02T15:34:35Z
last_indexed 2019-07-02T15:34:35Z
recordtype dc
_version_ 1765822505109422080
score 17.538404