Strategi menangkal radikalisme melalui pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Assalamah Bandarjo kec. Ungaran Barat Kab. Semarang
Main Author: | Zaimah, Zaimah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9960/1/TESIS%20ZAIMAH.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9960/ |
Daftar Isi:
- Fenomena radikalisme sudah masuk dunia pendidikan melalui berbagai bentuk media dan metode. Melawan radikalisme tidak hanya dengan tindakan, tetapi juga upaya preventif sejak dini agar paham dan gerakan radikalisme tidak muncul, terlebih bagi anak-anak usia sekolah. Oleh karena itu, perlu adanya strategi dalam menangkal radikalisme. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab persoalan: bagaimana strategi menangkal radikalisme dan implementasi strategi menangkal radikalisme melalui pembelajaran PAI di SDIT Assalamah? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya SDIT Assalamah dalam menangkal radikalisme melalui pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang dianalisis menggunakan teknik analisis data John. Creswell. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, dan Peserta didik. Penelitian ini menunjukkan bahwa SDIT Assalamah melakukan upaya menangkal radikalisme yaitu menyeleksi buku-buku pelajaran, mengembangkan modul pribadi, buku panduan PAI, dan tetap melakukan kegiatan nasionalisme. Strategi tersebut diimplementasikan melalui pembelajaran PAI yang dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas. Di dalam kelas meliputi tujuan, materi, media, metode, dan evalusi pembelajaran dan di luar kelas meliputi kegiatan ekstrakulikuler, keagamaan, dan nasionalisme.