Pengembangan buku kerja peserta didik berbasis POGIL (process oriented guided inquiry learning) pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA N 16 Semarang
Main Author: | Sumiati, Sumiati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9916/1/SKRIPSI%20FULL.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9916/ |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini didasarkan pada bahan ajar yang digunakan belum menuntun peserta didik untuk membangun konsep, sehingga pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis mereka kurang berkembang. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan buku kerja peserta didik berbasis POGIL materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Akan tetapi penelitian ini terbatas pada tahap ketiga yaitu development. Subjek penelitian ini adalah 9 peserta didik dari SMA N 16 Semarang. Karakteristik dari buku kerja yang dikembangkan terlihat pada pertanyaan-pertanyaan runtut mulai dari eksplorasi, penemuan konsep, dan aplikasi. Pertanyaan dikaitkan dengan kehidupan nyata peserta didik dengan dilengkapi tiga level representasi. Penilaian kualitas buku kerja menggunakan validasi ahli dan respon peserta didik. Hasil validasi ahli materi mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase 90,76% sedangkan penilaian validator ahli media mendapatkan kategori Baik (B) dengan persentase 81,25%. Respon peserta didik terhadap buku kerja menunjukkan kategori Baik (B) dengan persentase 80,00%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa buku kerja peserta didik berbasis POGIL layak digunakan dan diuji lebih lanjut pada kelas besar untuk mengetahui keefektifannya, baik terhadap hasil belajar maupun penguasaan konsep.