Pengembangan buku kerja peserta didik berbasis POGIL (process oriented guided inquiry learning) pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA N 16 Semarang

Main Author: Sumiati, Sumiati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9916/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9916/
ctrlnum 9916
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9916/</relation><title>Pengembangan buku kerja peserta didik berbasis POGIL (process oriented guided inquiry learning) pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA N 16 Semarang</title><creator>Sumiati, Sumiati</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>540 Chemistry and allied sciences</subject><description>Penelitian pengembangan ini didasarkan pada bahan ajar yang digunakan belum menuntun peserta didik untuk membangun konsep, sehingga pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis mereka kurang berkembang. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan buku kerja peserta didik berbasis POGIL materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Akan tetapi penelitian ini terbatas pada tahap ketiga yaitu development. Subjek penelitian ini adalah 9 peserta didik dari SMA N 16 Semarang. Karakteristik dari buku kerja yang dikembangkan terlihat pada pertanyaan-pertanyaan runtut mulai dari eksplorasi, penemuan konsep, dan aplikasi. Pertanyaan dikaitkan dengan kehidupan nyata peserta didik dengan dilengkapi tiga level representasi. Penilaian kualitas buku kerja menggunakan validasi ahli dan respon peserta didik. Hasil validasi ahli materi mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase 90,76% sedangkan penilaian validator ahli media mendapatkan kategori Baik (B) dengan persentase 81,25%. Respon peserta didik terhadap buku kerja menunjukkan kategori Baik (B) dengan persentase 80,00%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa buku kerja peserta didik berbasis POGIL layak digunakan dan diuji lebih lanjut pada kelas besar untuk mengetahui keefektifannya, baik terhadap hasil belajar maupun penguasaan konsep.</description><date>2019-01-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9916/1/SKRIPSI%20FULL.pdf</identifier><identifier> Sumiati, Sumiati (2019) Pengembangan buku kerja peserta didik berbasis POGIL (process oriented guided inquiry learning) pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA N 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>9916</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sumiati, Sumiati
title Pengembangan buku kerja peserta didik berbasis POGIL (process oriented guided inquiry learning) pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA N 16 Semarang
publishDate 2019
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
540 Chemistry and allied sciences
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9916/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9916/
contents Penelitian pengembangan ini didasarkan pada bahan ajar yang digunakan belum menuntun peserta didik untuk membangun konsep, sehingga pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis mereka kurang berkembang. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan buku kerja peserta didik berbasis POGIL materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Akan tetapi penelitian ini terbatas pada tahap ketiga yaitu development. Subjek penelitian ini adalah 9 peserta didik dari SMA N 16 Semarang. Karakteristik dari buku kerja yang dikembangkan terlihat pada pertanyaan-pertanyaan runtut mulai dari eksplorasi, penemuan konsep, dan aplikasi. Pertanyaan dikaitkan dengan kehidupan nyata peserta didik dengan dilengkapi tiga level representasi. Penilaian kualitas buku kerja menggunakan validasi ahli dan respon peserta didik. Hasil validasi ahli materi mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase 90,76% sedangkan penilaian validator ahli media mendapatkan kategori Baik (B) dengan persentase 81,25%. Respon peserta didik terhadap buku kerja menunjukkan kategori Baik (B) dengan persentase 80,00%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa buku kerja peserta didik berbasis POGIL layak digunakan dan diuji lebih lanjut pada kelas besar untuk mengetahui keefektifannya, baik terhadap hasil belajar maupun penguasaan konsep.
id IOS2754.9916
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2019-08-11T10:15:45Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:18Z
recordtype dc
_version_ 1765821525568520192
score 17.538404