Pengembangan instrumen multiple choice reasoning terbuka dengan pendekatan literasi sains berbasis HOTS untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMAN Karangpandan pada materi gerak harmonik
Main Author: | Lestari, Widy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9905/1/SKRIPSI%20FULL.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9905/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengembangkan instrumen multiple choice reasoning terbuka dengan pendekatan pembelajaran literasi sains berbasis HOTS (High Order Thinking Skills) untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMAN Karangpandan pada materi gerak harmonik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen multiple choice reasoning terbuka berbasis HOTS dengan pendekatan literasi sains, menguji validitas dan reliabilitas instrumen berbasis HOTS, menguji daya beda dan tingkat kesukaran instrumen HOTS serta mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X pada materi gerak harmonik. Jenis penelitian yang digunakan adalah (R&D) oleh Borg and Gall. Instrumen HOTS yang dikembangkan terdiri dari tingkatan kognitif menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi. Instrumen HOTS telah diuji validitas isi dan empiris menghasilkan 14 butir soal dinyatakan valid. Instrumen dinyatakan reliabel dengan r_hitung>r_tabel. Hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa secara keseluruhan pada kategori sangat kurang sebesar 1,60%, kategori kurang sebesar 74,60% dan kategori cukup sebesar 23,80%.