Efektivitas model pembelajaran double loop problem solving berbasis unity of sciences dengan media rubik’s cube terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi bangun ruang siswa MTs Negeri Brangsong Kendal

Main Author: Kholifah, Umi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9899/1/skripsi%20pdf%20semua.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9899/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) berbasis Unity of Sciences (UOS) dengan media rubik’s cube efektif terhadap kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini dilakukan mengingat betapa pentingnya kemampuan penalaran matematis. Pentingnya penelaran matematis ialah dengan penalaran matematis yang baik akan mempermudah siswa dalam memecahkan masalah khususnya pada soal cerita matematika. Soal cerita matematika akan mudah dikerjakan jika siswa mampu mengubah soal ke dalam bahasa matematika dan menemukan pola rumusnya. Tahapan tersebut dapat dilakukan jika seorang siswa memiliki kemampuan penalaran matematis. Model DLPS berbasis Unity of Sciences sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan penalaran. Model DLPS memiliki tahapan yang terdiri dari identifikasi masalah, indetifikasi penyebab, solusi awal, indentifikasi lebih dalam dan solusi utama. Tahapan tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan penalaran matematis. Selain itu model DLPS berbasis Unity of Sciences tentunya akan membantu siswa mengaitkan antara hubungan matematika dengan kehidupn sehari-hari, sehingga siswa akan mengetahui manfaat dari pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen yang berdesain True Experiment Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Random Sampling. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kemampuan penalaran siswa yang diajar menggunakan model DLPS lebih tinggi daripada rata-rata siswa yang diajar menggunakan model konvesional. Berdasarkan uji hipotesis peneliti menggunakan uji-t, hasil perhitungan diperoleh thitung =2, 200 dan ttabel = 1,67, dengan taraf signifikasi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran DLPS berbasis Uniti of Sciences dengan media rubik’s cube efektif terhadap kemampuan penalaran matematis.