Hubungan persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca Al-Qur’an oleh guru dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu Kecamatan Genuk Semarang
Main Author: | Ulza, Fila Khozanatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9760/1/Fila%20Khozanatul%20Ulza___1403096036.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9760/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena yang terjadi di era modern ini. Kini banyak anak yang belum bisa membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Sehingga peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang intesitas bimbingan membaca al-Qur’an oleh guru. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tentang ada atau tidaknya hubungan antara persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca al-Qur’an oleh guru dengan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu Kecamatan Genuk Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu Kecamatan Genuk Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Data yang dikumpulkan dengan metode angket, tes, observasi dan dokumentasi. Angket/ kuesioner digunakan untuk memperoleh data tentang intensitas bimbingan membaca al-Qur’an oleh guru, tes lisan digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas V MI Futuhiyyah 02, observasi dan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data tentang sekolah, hasil-hasil siswa kelas V semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh rxy sebesar 0,391yang selanjutnya dikonsultasikan dengan rtabel dengan N=37 pada taraf 5% adalah 0,275 dan taraf 1% adalah 0,216. Dapat diartikan rxy > rtabel dan menunjukkan bahwa hubungan tersebut masuk pada kriteria rendah yaitu pada 0,20 - 0,399. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca al-Qur’an oleh guru dengan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu Kecamatan Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Maka dengan demikian ha diterima. Setelah diketahui hubungan antara persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca al-Qur’an oleh guru dengan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu Kecamatan Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019, langkah selanjutnya melihat signifikansi koefisien korelasi dengan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung sebesar 2,731 dan ttabel dengan taraf signifikan 5% = 1,690. Karena thitung (2,731) > ttabel (1,690). Yang artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca al-Qur’an oleh guru dengan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu Kecamatan Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Maka dengan demikian ha ditolak.