Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Nasabah untuk Menabung (Study Kasus pada PT. Bank Mega Syari’ah Cabang Semarang)
Daftar Isi:
- Kualitas pelayanan merupakan salah satu unsur penilaian konsumen/nasabah terhadap perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Layanan yang berkualitas dapat diwujudkan dengan sikap yang jujur, melayani dengan rendah hati, dan tidak meremehkan konsumen, dalam pelayanan menggunakan pedoman Islam, tidak melupakan akhirat. Beberapa aspek kualitas ini bila diterapkan secara bersama dapat membangun layanan yang berkualitas prima dan memuaskan, sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam menentukan minat nasabah untuk menggunakan jasa yang dalam hal ini adalah menabung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh pengaruh pelayanan terhadap minat nasabah untuk menabung di Bank Mega Syariah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris bagaimana kualitas pelayanan Bank Mega Syariah Semarang berpengaruh terhadap minat nasabah menabung di Bank Mega Syariah Semarang. Metodologi yang digunakan adalah : Pertama, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kedua, objek penelitian adalah kualitas pelayanan dan minat nasabah menabung. Adapun subjek penelitian adalah nasabah Bank Mega Syari’ah Semarang sebagai unit yang dianalisis. Sampel penelitian sebanyak 68 nasabah dengan menggunakan sample random sampling. Ketiga, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Teknis analisis data adalah melalui uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas. Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS versi 17.00 for windows menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang dilakukan di Bank Mega Syariah Semarang telah dilakukan dengan baik. Kemudian di uji dengan statistik menunjukkan bahwa variabel independen (kualitas pelayanan) terhadap variabel dependen (minat nasabah menabung) adalah signifikan. Ini ditunjukkan dengan lebih besarnya t hitung dengan t table (8,146 > 0,2144). Besarnya pengaruh sebagaimana dinotasikan adalah 534 yang artinya variabel minat nasabah menabung dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan karyawan sebesar 53,4% dan sisanya 46,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Sedangkan persamaan regresi yang diperoleh adalah Y= 16,502 + 0,188X.