Efektivitas model Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram di kelas VIII SMPN 30 Semarang tahun ajaran 2017/2018

Main Author: Wijaya, Irma Sintia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9254/1/114411035.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9254/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram di kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pembelajaran PAI yang sering didominasi oleh guru, namun adakalanya juga melibatkan siswa melalui pembelajaran diskusi. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan tidak menyenangkan. Sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran dengan penerapan model CRH agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII H SMP Negeri 30 Semarang. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Course Review Horay dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 28 soal. Teknik analisis data menggunakan metode statistik uji-t (uji beda), untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan konsultasi pada tabel distribusi “t” pada taraf signifikansi 5 %. Temuan hasil penelitian ini adalah model Course Review Horay (CRH) efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,778 > 1,667 dengan taraf signifikansi 5%. Selain itu dilihat dari hasil posttest kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata 91,6 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata adalah 87,4167.