Efektivitas model Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram di kelas VIII SMPN 30 Semarang tahun ajaran 2017/2018

Main Author: Wijaya, Irma Sintia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9254/1/114411035.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9254/
ctrlnum 9254
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9254/</relation><title>Efektivitas model Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram di kelas VIII SMPN 30 Semarang tahun ajaran 2017/2018</title><creator>Wijaya, Irma Sintia</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram di kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pembelajaran PAI yang sering didominasi oleh guru, namun adakalanya juga melibatkan siswa melalui pembelajaran diskusi. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan tidak menyenangkan. Sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran dengan penerapan model CRH agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII H SMP Negeri 30 Semarang. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Course Review Horay dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 28 soal. Teknik analisis data menggunakan metode statistik uji-t (uji beda), untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan konsultasi pada tabel distribusi &#x201C;t&#x201D; pada taraf signifikansi 5 %.&#xD; Temuan hasil penelitian ini adalah model Course Review Horay (CRH) efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung &gt; ttabel yaitu 2,778 &gt; 1,667 dengan taraf signifikansi 5%. Selain itu dilihat dari hasil posttest kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata 91,6 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata adalah 87,4167.</description><date>2018-07-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9254/1/114411035.pdf</identifier><identifier> Wijaya, Irma Sintia (2018) Efektivitas model Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram di kelas VIII SMPN 30 Semarang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Univesrsitas Islam Negeri Walisongo Semarang .. </identifier><recordID>9254</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wijaya, Irma Sintia
title Efektivitas model Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram di kelas VIII SMPN 30 Semarang tahun ajaran 2017/2018
publishDate 2018
topic 297.77 Islamic religious education
371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9254/1/114411035.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9254/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram di kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pembelajaran PAI yang sering didominasi oleh guru, namun adakalanya juga melibatkan siswa melalui pembelajaran diskusi. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan tidak menyenangkan. Sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran dengan penerapan model CRH agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII H SMP Negeri 30 Semarang. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Course Review Horay dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 28 soal. Teknik analisis data menggunakan metode statistik uji-t (uji beda), untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan konsultasi pada tabel distribusi “t” pada taraf signifikansi 5 %. Temuan hasil penelitian ini adalah model Course Review Horay (CRH) efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,778 > 1,667 dengan taraf signifikansi 5%. Selain itu dilihat dari hasil posttest kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata 91,6 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata adalah 87,4167.
id IOS2754.9254
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2019-05-05T03:23:32Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:07Z
recordtype dc
_version_ 1765821522393432064
score 17.538404