Pengembangan instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi hukum Newton

Main Author: Nasafi, Istichomah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8451/1/skripsi%20lengkap.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8451/
ctrlnum 8451
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8451/</relation><title>Pengembangan instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi hukum Newton</title><creator>Nasafi, Istichomah</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>530 Physics</subject><description>Miskonsepsi merupakan salah satu permasalahan dalam pembelajaran Fisika yang perlu dipecahkan oleh guru. Salah satu cara untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa adalah dengan menggunakan instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat. Hingga saat ini belum banyak guru yang menggunakan tes diagnostik untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik, validitas, reliabilitas tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat yang dikembangkan , serta untuk mengetahui profil miskonsepsi siswa MAN 2 Boyolali pada materi Hukum Newton Tentang Gerak. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan menggunakan tahapan 4-D yang dimodifikasi tanpa menyertakan tahap diseminasi. Subjek uji skala kecil adalah siswa kelas XII dan subjek uji skala besar adalah siswa kelas XI MAN 2 Boyolali tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen tes diagnostik yang dikembangkan terdiri atas kisi-kisi soal tes, petunjuk pengerjaan dan soal tes, lembar jawab, kunci jawaban dan pedoman penskoran, dan pedoman interpretasi hasil. Uji validitas yang digunakan adalah uji validitas isi. Hasil uji validitas oleh dua validator ahli menunjukkan instrumen tes diagnostik yang dikembangkan valid. Reliabilitas soal yang dikembangkan sebesar 0,808 yang berarti soal tes reliabel. Produk akhir terdiri atas 2 soal berkategori mudah, 17 soal berkategori sedang, dan 3 soal berkategori sulit. Soal tes memiliki daya beda dengan kategori 4 soal diperbaiki, 9 soal diterima tetapi perlu diperbaiki, dan 9 soal diterima. Miskonsepsi tertinggi dengan persentase 57,14 % pada indikator penerapan perhitungan Hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari dan miskonsepsi terendah dengan persentase 33,67 % pada indikator menyelesaikan persoalan Hukum Newton.</description><date>2018-01-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8451/1/skripsi%20lengkap.pdf</identifier><identifier> Nasafi, Istichomah (2018) Pengembangan instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi hukum Newton. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>8451</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nasafi, Istichomah
title Pengembangan instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi hukum Newton
publishDate 2018
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
530 Physics
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8451/1/skripsi%20lengkap.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8451/
contents Miskonsepsi merupakan salah satu permasalahan dalam pembelajaran Fisika yang perlu dipecahkan oleh guru. Salah satu cara untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa adalah dengan menggunakan instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat. Hingga saat ini belum banyak guru yang menggunakan tes diagnostik untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik, validitas, reliabilitas tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat yang dikembangkan , serta untuk mengetahui profil miskonsepsi siswa MAN 2 Boyolali pada materi Hukum Newton Tentang Gerak. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan menggunakan tahapan 4-D yang dimodifikasi tanpa menyertakan tahap diseminasi. Subjek uji skala kecil adalah siswa kelas XII dan subjek uji skala besar adalah siswa kelas XI MAN 2 Boyolali tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen tes diagnostik yang dikembangkan terdiri atas kisi-kisi soal tes, petunjuk pengerjaan dan soal tes, lembar jawab, kunci jawaban dan pedoman penskoran, dan pedoman interpretasi hasil. Uji validitas yang digunakan adalah uji validitas isi. Hasil uji validitas oleh dua validator ahli menunjukkan instrumen tes diagnostik yang dikembangkan valid. Reliabilitas soal yang dikembangkan sebesar 0,808 yang berarti soal tes reliabel. Produk akhir terdiri atas 2 soal berkategori mudah, 17 soal berkategori sedang, dan 3 soal berkategori sulit. Soal tes memiliki daya beda dengan kategori 4 soal diperbaiki, 9 soal diterima tetapi perlu diperbaiki, dan 9 soal diterima. Miskonsepsi tertinggi dengan persentase 57,14 % pada indikator penerapan perhitungan Hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari dan miskonsepsi terendah dengan persentase 33,67 % pada indikator menyelesaikan persoalan Hukum Newton.
id IOS2754.8451
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2019-05-05T03:23:22Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:56Z
recordtype dc
_version_ 1765821517857292288
score 17.538404